Revitalisasi pembelajaran Aqidah Aswaja melalui pembelajaran Kitab Risalah Aswaja di Pondok Pesantren Darussalam Keputih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Ussisa (2019) Revitalisasi pembelajaran Aqidah Aswaja melalui pembelajaran Kitab Risalah Aswaja di Pondok Pesantren Darussalam Keputih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunana Ampel Surabaya.

[img] Text
Ussisa Haq_D01215040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dimana seseorang berinteraksi terhadap kondisi tertentu. Proses belajar mengajar yang dilaksanakan dalam sebuah lembaga pendidikan diharapkan terciptanya sebuah suasana yang dapat menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan motivasi baik guru maupun peserta didik. Hal ini menjadi menarik dan merupakan tantangan bagi sebuah lembaga pendidikan dalam merealisasikannya untuk menciptakan pembelajaran yang menggairahkan, menantang, dan menyenangkan. Pembelajaran aqidah aswaja merupakan hal penting untuk dikembangkan dan diamati penulis sebagai usaha untuk melihat lebih jauh bagaimana realisasi dan factor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran aqidah aswaja khususnya pembelajaran di Pondok Pesantren Darussalam Keputih Sukolilo Surabaya dan hal ini juga sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti.Untuk mencapai tujuan diatas penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan kejelasan yang menuju pada kesimpulan.Penulis menggunkan metode pengumpulan data dengan tiga metode yaitu observasi, interview, dan dokumnetasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisa data dengan tiga cara yaitu mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Kemudian, pengamatan, dan trigulasi.Adapun tahap-tahap penelitian yang peneliti lakukan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.Penelitian dilaksanakan secara cermat dengan persiapan matang yang diperlukan dalam lapangan.Penulis menyajikan hasil pembahasan dan analisis penelitian berdasarkan pengamatan dan pengecekan data-data secara sistematis. Dari hasil penelitian penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembelajaran aqidah aswaja melalui pembelajaran kitab risalah aswaja di Pondok Pesantren Keputih sukolilo Surabaya. 2. Factor-faktor Pendukung dan Penghambat pembelajaran aqidah aswaja melalui pembelajaran kitab risalah aswaja anatar lain: factor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan belajar mengajar secara umum, factor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran materi aqidah aswaja melalui pembelajaran kitab Risalah aswaja. 3. Revitalisasi Pembelajaran Aqidah Aswaja melalui pembelajaran kitab Risalah Aswaja ini meningkatkan aqidah santri menjadi lebih baik. Penelitian skripsi dilakukan dengan harapan semoga menjadi tambahan referensi yang bermanfaat untuk mengaplikasikan, mengembangkan, dan meningkatkan pembelajaran aqidah aswaja melalui pembelajaran kitab risalah aswaja baik di Pondok pesatren Darussalam keputih Sukolilo Surabaya atau di lembaga pendidikan maupun Pondok pesantren lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, Ussisaussisahaq@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; Aqidah Aswaja; kitab Risalah aswaja
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haq Ussisa
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:03
Last Modified: 12 Feb 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29789

Actions (login required)

View Item View Item