Sejarah perkembangan Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama Kureksari Waru Sidoarjo Jawa Timur tahun 1969-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzikrulloh, Muhammad (2019) Sejarah perkembangan Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama Kureksari Waru Sidoarjo Jawa Timur tahun 1969-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dzikrulloh_A02214008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama Kureksari Waru Sidoarjo Tahun 1969-2018 M”. Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama? (2). Bagaimana perkembangan Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama di Desa Kureksari Waru Sidoarjo 1969-2018 M? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama di desa Kureksari Waru Sidoarjo?Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (penafsiran sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu).dan pendekatan sosiologi sebagai ilmu batu sejarah (mendiskripsikan intraksi-intraksi sosial dalam lembaga sosial). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan) dan ilmu sosiologi yaitu sosial institution (lembaga kemasyarakatan).Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan (1) Yayasan amanat Nahdlatul Ulama digagas pada tahun 1969 oleh KH.Nur Yahya, KH.Umar Ahmad, KH. Anwar Sanaji. Berawal dari mendirikikan pendidikan PGAI (Pendidikan Guru Agama Islam), (2) Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama dapat berkembang dengan baik dari kegiatan, maupun sarana prasarana, (3) Faktor pendukung dan penghambat Yayasan Amanat Nahdlatul Ulma terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama dan faktor eksternal yang berasal dari luar Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzikrulloh, Muhammadm.dzikrulloh.bin.hamid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah, Yayasan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dzikrulloh M.
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:28
Last Modified: 18 Feb 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29797

Actions (login required)

View Item View Item