Profil Inhibisi Kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Maghfiroh (2019) Profil Inhibisi Kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maghfiroh_D94214104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil inhibisi kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ta’miriyah Surabaya pada siswa kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang diambil dari kelas VIII-D, yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif, dipilihnya 4 subjek penelitian ini berdasarkan hasil MFFT (Matching Familiar Figure Test). Dalam penelitian ini, triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, yaitu data-data inhibisi kognitif dari 2 siswa untuk setiap kelompok gaya kognitif akan dibandingkan untuk ditemukan kekonsistenan (kesamaan). Pengumpulan data inhibisi kognitif diambil dari hasil tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya kognitif reflektif pada tahap memahami soal, subjek reflektif melakukan inhibisi pada fungsi access dan delection. Pada tahap merencanakan penyelesaian soal subjek reflektif tidak melakukan inhibisi kognitif. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian soal subjek reflektif melakukan inhibisi kognitif pada fungsi access. Kemudian pada tahap mengecek kembali subjek reflektif melakukan inhibisi kognitif pada fungsi access dan delection. (2) Siswa dengan gaya kognitif impulsif pada tahap memahami soal, subjek impulsif melakukan inhibisi kognitif pada fungsi access. Pada tahap merencanakan penyelesaian soal subjek impulsif tidak melakukan inhibisi kognitif. Pada tahap merencanakan rencana penyelesaian soal subjek impulsif melaksanakan inhibisi kognitif pada fungsi access. Kemudian pada tahap mengecek kembali subjek impulsif melakukan inhibisi kognitif pada fungsi access.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, MaghfirohMaghfiroh.idris71@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Inhibisi Kognitif; Gaya Kognitif Reflektif; Gaya Kognitif Impulsif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Maghfiroh Maghfiroh
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:57
Last Modified: 13 Feb 2019 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29809

Actions (login required)

View Item View Item