Strategi rekrutmen caleg perempuan pada pemilu 2019 studi kasus Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwadlo, Mukaukabah (2019) Strategi rekrutmen caleg perempuan pada pemilu 2019 studi kasus Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukaukabah Al Wadlo_171215021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Strategi Rekrutmen Caleg Perempuan pada Pemilu 2019 Studi Kasus Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Gresik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi rekrutmen caleg perempuan di DPC PPP Gresik pada pemilu 2019 dan mengetahui faktorfaktor apa saja yang menjadi penghambat dalam rekrutmen caleg perempuan di DPC PPP Gresik. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan teknik analisa kualitatif versi Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Studi ini di lakukan di Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Gresik. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini antara lain: teori rekrutmen politik, Teori Representasi Perempuan dan teori strategi politik. Temuan penelitian ini meliputi: Strategi rekrutmen caleg yang dilakukan PPP Gresik adalah membentuk Lajnah Pemenangan Pemilu (LP2), sosialisasi pendaftaran caleg, penentuan nomor urut dan dapil caleg pembekalan caleg, forum konsultasi pemenangan caleg, bantuan alat peraga kampanye, penyediaan saksi per TPS, evaluasi progress report caleg. Kendala yang dihadapi caleg perempuan dikategori menjadi dua yakni hambatan internal antara lain: minimnya minat perempuan untuk mencalonkan diri, minimnya pengetahuan dan keterampilan berpolitik, kurangnya dana kampanye, minimnya jaringan social dan keterbatasan waktu kampanye dan hambatan eksternal antara lain Pandangan masyarakat terhadap caleg perempuan masih kurang baik atau masih meremehkan adanya pemimpin perempuan, Caleg pesaing lebih memiliki jejaringan social lebih luas, dan Caleg pesaing memiliki dana kampanye lebih besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwadlo, Mukaukabahalwabubah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Strategi Politik; Rekrutmen Politik; Partai Persatuan Pembangunan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Alwadlo MUkaukabah
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:10
Last Modified: 12 Feb 2019 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29812

Actions (login required)

View Item View Item