Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Walisongo Sawohan Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azkiyah, Nailah Maimunatul (2019) Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Walisongo Sawohan Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila MA_D78214030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif yaitu mengenal konsep bilangan pada anak usia 4- 5 tahun masih rendah. Hal ini disebabkan media yang digunakan kurang menarik yaitu hanya menggunakan LKA (Lembar.Kerja Anak) sehingga anak kurang tertarik dalam proses pembelajaran, pendidik pada sekolah tersebut juga jarang menggunakan media pembelajaran yang tersedia, pendidik hanya menjelaskan melalui poster yang ditempel di dinding. Tujuan yang dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak sebelum dan sesudah penerapan media flipchart, dan untuk mengetahui pengaruh media flipchart terhadap kemampuan.mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Walisongo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan/ desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A yang berjumlah 19 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametik dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Berdasarkan analisis data perhitungan antara kemampuan mengenal.konsep bilangan anak sebelum perlakuan (pre test) dan setelah diberi perlakuan (post test) diperoleh T.hitung = -3,293, sedangkan T tabel dengan N= 19 dengan taraf signifikasi 5% (0,05) adalah 46. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh Thitung = -3,293 lebih kecil dari pada T tabel = 46 dan hasil keputusannya yaitu: Ha.diterima karena T hitung < Ttabel (-3,293< 46). Kesimpulannya adalah ada pengaruh media flipchart terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Walisongo Sawohan, Buduran, Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azkiyah, Nailah Maimunatulnailazkiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media Flipchart; Mengenal Konsep Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Azkiyah Nailah Maimunatul
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:44
Last Modified: 14 Feb 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29828

Actions (login required)

View Item View Item