Simbol Kekerasan dan Simbol Kasih Sayang dalam Film Dilan 1990 (Analisis Semiotik Roland Barthes)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Nur Fitriatin (2019) Simbol Kekerasan dan Simbol Kasih Sayang dalam Film Dilan 1990 (Analisis Semiotik Roland Barthes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitriatin Nisa_B76215098.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peristiwa maraknya film Dilan 1990, menjadi fenomena baru bagi remaja saat ini. Dalam film Dilan 1990 terdapat rayuan atau semacam bentuk kasih sayang Dilan yang ditujukan untuk Milea. Namun, dalam film Dilan 1990 juga terdapat bentuk kekerasan yang cukup mengganggu dan kurang nyaman bagi yang menontonnya. Oleh karena itu rumusan masalah dalam skripsi ini meliputi bagaimana simbol kekerasan dan kasih sayang dalam film Dilan 1990; dan bagaimana makna denotatif dan konotatif simbol kekerasan dan kasih sayang dalam film Dilan 1990. Metode yang peneliti gunakan adalah metode analisis teks media, model kajian analisis semiotik dengan pendekatan Roland R Barthes. Disini juga menggunakan Teori Semiotik dan Teori Simbol. Dimana teori semiotik tersebut merupakan ilmu yang mengkaji tanda dalam kehidupan manusia. Semua yang hadir merupakan tanda, yakni sesuatu yang harus diberi makna oleh manusia. Disini juga menggunakan teori simbol, dimana teori ini terkenal dan dinilai bermanfaat karena mengemukakan sejumlah konsep dan istilah yang biasa digunakan dalam ilmu komunikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya simbol kekerasan, berupa: pukulan, tamparan dan perkelahian. Makna denotatifnya sudah terlihat jelas di beberapa adegan film Dilan terdapat ekspresi yang penuh dengan amarah. Makna konotatifnya yakni dari beberapa adegan tersebut terlihat laki-laki yang pejuang, pemberani dan tidak putus asa. Simbol kasih sayang, berupa: pendekatan awal perkenalan, pemberian hadiah dan pengungkapan kerinduan. Makna denotatifnya sudah terlihat jelas di beberapa film Dilan terdapat adegan yang penuh dengan kasih sayang dan penuh perjuangan. Makna konotatifnya yakni dalam film Dilan tersebut terlihat Dilan begitu tegas dan mau berusaha untuk orang yang disayanginya. Dengan teori interaksionisme simbolik, dalam film Dilan 1990 ini komunikan tidak hanya mengirim pesan melalui makna verbal saja namun juga berkomunikasi dengan mengirim lambang-lambang non verbal seperti raut wajah, gerakan tubuh dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Nur FitriatinNurfitriatinnisa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bimbingan Konseling
Komunikasi
Keywords: Simbol Kekerasan dan Kasih Sayang; Makna Denotatif dan Makna Konotatif; Film Dilan 1990; Teori Semiotik; Teori Simbol
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nisa Nur Fitriatin
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:30
Last Modified: 12 Feb 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29832

Actions (login required)

View Item View Item