Strategi komunikasi pemasaran PT Hasyim Asyari Trans dalam meningkatkan kepuasan pelanggan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Heryanto, Erdiansya (2019) Strategi komunikasi pemasaran PT Hasyim Asyari Trans dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erdiansya Heryanto_B96214119.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji didalam penelitian ini mencakup dua rumusan masalah, yakni: bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Hasyim Asyari Trans dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan bagaimana kendala serta manfaat stategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Hasyim Asyari Trans. Untuk mengungkap hal tersebut, peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran terpadu (Intergrated Marketing Communication/IMC). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai strategi komunikasi pemasaran PT Hasyim Asyari Trans dan dengan maksud untuk memahami permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yang mengedepankan proses komunikasi yang mendalam. Kemudian dari data-data yang ditemukan peneliti analisis dengan pendekatan grounded theory yang memberikan pengembangan terhadap bidang kajian penelitian. Lalu teknik untuk mengumpulkan data-data yakni menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT Hasyim Asyari Trans yaitu melalui membangun komunikasi dengan pelanggan melalui pelayanan yang baik, penerapan konsep bisnis yang bersifat open minded dengan menerima saran maupun permintaan dari pelanggan, terbuka dalam menerima negoisasi mengenai harga sewa bis pariwisata, dan memperluas jaringan melaluo hubungan kerja sama dengan perusahaan lain. Cara penyampaian pesan melalui cara mulut ke mulut (word of mouth) termasuk kegiatan pemasaran yang persuasif namun cara ini sangat efektif dalam mempengaruhi pelanggan untuk menggunakan produk jasa sewa bis pariwisata PT Hasyim Asyari Trans. Saran untuk PT Hasyim Asyari Trans yakni dengan adanya penelitian yang telah dilakukan maka penelitian ini dapat menjadi bahan masukan untuk perusahaan dalam mengembangkan usahanya agar lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Heryanto, Erdiansyaerdiansya.heryanto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Pemasaran
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran; PT Hasyim Asyari Trans; Kepuasan Pelanggan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Heryanto Erdiansya
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:06
Last Modified: 13 Feb 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29847

Actions (login required)

View Item View Item