القصر وفائدته في سورة المجادلة و سورة الحشر

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marfu'ah, Hafshah Niswatun (2019) القصر وفائدته في سورة المجادلة و سورة الحشر. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafshah Niswatun Marfu'ah_A71215062.pdf

Download (8MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang pertama. Dan untuk memahami kandungan Al-Qur’an sangat dibutuhkan ilmu bahasa Arab khususnya ilmu Balaghah, diantaranya ilmu Qashr. Oleh sebab itu, penulis menulis judul “Al Qashr dan Faedahnya Pada Surah Al Mujadalah dan Surah Al Haysr”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah ayat-ayat yang mengandung qashr didalam surah Al Mujadalah dan surah Al Haysr. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penelitian sendiri (Human Instrument). Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis data yang meliputi: Paparan data dan pembahasan. Hasil penelitian ini menemukan 6 ayat surah Al Mujadalah dan 10 ayat pada surah Al Hasyr yang menggunakan Thuruqul Qasr, diantaranya: an Nafi wal istitsna’ (3 ayat dalam surah Al Mujadalah dan 3 ayat dalam surah Al Hasyr), Taqdim ma haqqahu takhir (3 ayat dalam surah Al Mujadalah dan 7 ayat dalam surah Al Haysr), dengan “Innama” (1 ayat dalam surah Al Mujadalah). Dengan tujuannya diantaranya tanbih dan takhsis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marfu'ah, Hafshah Niswatunhafshahniswatun96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Al Qashr dan Faedahnya Pada Surah Al Mujadalah dan Surah Al Hasyr
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Marfu'ah Hafshah Niswatun
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:05
Last Modified: 13 Feb 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item