Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Maulida Nuhyatin (2019) Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulida Nuhyatin Nafisah_B53215052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya? 2) Bagaimana hasil Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus, serta analisis data deskriptif komparatif. Yaitu peneliti membandingkan kondisi sebelum dan sesudah konseling menggunakan Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah yang diaplikasikan terhadap seorang subjek penelitian yang ada di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Gangguan minat belajar tersebut dialami oleh subjek lantaran dilatarbelakangi oleh pikiran negatifnya sendiri. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses konseling pada peneliti ini dilakukan seperti tahapan umum prosedur konseling, yaitu meliputi identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, serta evaluasi dan follow up. Adapun treatment yang diberikan, peneliti merujuk pada 12 langkah yang ada di dalam konseling kognitif behavior islami berbasis terapi berpikir positif Ibrahim Elfiky. Peneliti mengembangkan treatment ini dengan mengintegrasikan teknik dalam pendekatan kognitif behavior dan terapi berpikir positif milik Ibrahim Elfiky yang di dalamnya menyertakan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur’an atau pun hadis. Berdasarkan penyajian data dan analisis data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perubahan perilakunya yang sudah bersedia masuk kelas sesuai jadwal, jarang tidur saat guru menyampaikan pelajaran, serta kembali fokus karena sudah mampu menjawab dan menyimpulkan mata pelajaran yang disampaikan oleh guru. Perilaku tersebut menunjukkan bahwa indikator minat belajar sedikit demi sedikit sudah terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Maulida Nuhyatinnuhyatinnafisah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Motivasi Belajar
Keywords: Konseling; Kognitif Behavior; Terapi Berpikir Positif; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nafisah Maulida Nuhyatin
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:49
Last Modified: 13 Feb 2019 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29867

Actions (login required)

View Item View Item