Corak fikih dan tasawuf dalam tafsir Faid Al-Rahman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyani, Siti Inarotul (2019) Corak fikih dan tasawuf dalam tafsir Faid Al-Rahman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Inarotul Fitriyani_E93215142.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji salah satu literatur tafsir Nusantara yaitu tafsir Faid al-Rahman karya Kiai Saleh Darat Semarang. Sebagai sebuah karya tafsir, kitab ini sangat menarik untuk diteliti karena ternyata kitab ini memiliki kecenderungan sufistik di dalammnya. Sebagaimana diketahui, tafsir sufistik merupakan salah satu tafsir yang menjadi pertentangan di antara para ulama. Adapun pengarang kitab ini, Kiai Saleh Darat merupakan figur ulama Nusantara yang melahirkan banyak santri yang kelak menjadi pejuang yang sangat berpengaruh di Indonesia. Kiai Saleh Darat sendiri memiliki karakter pemikiran yang tidak hanya sufistik, namun juga mengintegrasikan fikih dan tasawuf. Dari sini kemudian perlu diteliti bagaimana karakter integrasi fikih dan tasawuf tersebut dimanifestasikan dalam tafsirnya. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana corak yang berupa integrasi fikih dan tasawuf dalam tafsir Faid} al-Rahman dan implikasinya terhadap metodologi tafsir dan keagamaan masyarakat. Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan atau library research. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode dokumentasi yang kemudian data-data tersebut akan dianalisis dengan pendekatan content analysis (analisis isi). Dengan menggunakan syarat-syarat diterimanya tafsir sufi yang diusung para ulama sebagai kerangka teori, penelitian ini berusaha mengungkap apakah tafsir Kiai Saleh Darat memiliki validitas dan kredibel untuk disebut sebagai sebuah tafsir. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah pada dasarnya integrasi fikih dan tasawuf adalah perpaduan dua kecenderungan dalam tafsir yang dalam hal ini adalah fikih dan tasawuf sehingga melahirkan makna yang lebih utuh. Implikasi dari integrasi fikih dan tasawuf ini adalah rekonstruksi metodologi tafsir dan rekonstruksi keagamaan dan sosial masyarakat. Dengan integrasi fikih dan tasawuf ini, suatu tafsir sufi akan cenderung bisa diterima keberadaannya. Selain itu, fikih dan tasawuf yang dipadukan juga pada gilirannya akan memberikan pemahaman keagaaman yang utuh di tengah masyarakat, serta membawa tatanan sosial yang sejuk karena berlandaskan nilai-nilai Alquran.
Kata Kunci: Fikih, Tasawuf, Integrasi, Implikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyani, Siti Inarotulsinarotul48@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Keywords: Fikih; Tasawuf; Integrasi; Implikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fitriyani Siti Inarotul
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:56
Last Modified: 13 Feb 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item