Mengurangi adiktif youtube melalui pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Self Control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwi Novita, Rizky Putri (2019) Mengurangi adiktif youtube melalui pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Self Control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Putri Dwi N_B03215033.pdf

Download (13MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan mengurangi adiktif youtube melalui pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik self control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo ? (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan mengurangi adiktif youtube melalui pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik self control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo ? Untuk membahaspermasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk menangani studi kasus dalam mengurangi adiktif youtube melalui pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik self control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kompratif yanitu membandingan sebelum dan sesudah proses konseling. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Proses pelaksanaan mengurangi adiktif youtube melalui pendekatan cognnitive behavior therapy dengan teknik self control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo. Terdapat 5 langkah proses konseling yang telah dilakukan yaitu identifikasi masalah, dignosis, prognosis, terapi atau treatment dengan cara memberikan reinforcement atau consequence dan dengan cara melatih regulasi emosi konseli. Kemudian untuk memudahkan konseli dalam terapi tersebut konselor mengajak konseli untuk membuat daily activity pada konseli agar kegiatan konseli lebih terkontrol kemudian konselor memberikan wejangan dan motivasi kepada konseli untuk melihat seberapa jauh perubahannya. (2) hasil proses pelaksanaan dalam mengurangu adiktif youtube melalui pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik self control pada remaja di Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo dapat dikatan cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perubahan yang dialami oleh konseli seperti halnya : Yang awalnya konseli belum bisa mengontrol perilaku seperti lebih mendahulukan untuk menonton youtube sekarang konseli sudah mulai bisa mengatur antara belajarnya dan menonton youtube. Yang ke dua jika sebelumnya konseli kurang peka terhadap lungkungan, konseli yang memiliki karakter yang cuek sekarang konseli mulai berubah sedikit dalam hal ini. Yang ke tiga jika sebelumnya konseli lebih senang dengan handphonenya sekarang konseli sudah bisa mulai meninggalkan handphonenya dan mengganti dengan membaca buku- buku atau novel. Perubahan yang keempat, jika yang awalnya konseli tidak dapat mengontrol untuk membuat keputusan sekarang konseli sudah mulai bisa membuat keputusan. Proses konseling dengan pendekatan cognitive behavior therapy melalui teknik self control pada remaja dapat dikatakan berhasil karena konseli sudah cukup mampu untuk merubah dirinya dan kegiatannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwi Novita, Rizky Putririzkynovitaipa1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Youtube; Cognitive Behavior Therapy; Self Control
Depositing User: Novita Rizky Putri Dwi
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:35
Last Modified: 12 Feb 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29887

Actions (login required)

View Item View Item