Pengaruh sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munah, Ifa Izatul (2019) Pengaruh sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifa Izatul Munah_D91215055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pada maksud dan tujuan 1) bagaimana sarana prasarana belajar di MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban, 2) bagaimana lingkungan sekolah MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban, 3) bagaimana prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban, 4) bagaimana pengaruh sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih peserta didik di Mts Al-Musthofa Grabagan Tuban. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban sebanyak 50 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel secara Proportionate Stratified random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu nilai raport, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linier berganda. Dari data yang telah dikumpulkan, setelah dianalisis diperoleh data sebagai berikut: 1) Sarana prasarana belajar di MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban termasuk dalam kategori baik. 2) Lingkunan sekolah MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa MTs Al-Mustofa Grabagan Tuban termasuk dalam kategori baik. 4) Ada pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Musthofa Grabagan Tuban. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data yang menghasilkan t hitung sebesar 7,445 dengan signifikansi 0,000, dengan t tabel sebesar 2,012, maka t hitung > t tabel (7,445 > 2,012) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya sarana prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih. Sedangkan hasil uji t yang kedua, diperoleh t hitung sebesar 2,268 dengan signifikansi 0,028, dengan t tabel sebesar 2,012, maka t hitung > t tabel (2,268 > 2,012) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munah, Ifa IzatulIfaizatulm@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Sarana prasarana; Lingkungan sekolah; Prestasi belajar
Depositing User: Munah Ifa Izatul
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:15
Last Modified: 13 Feb 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item