Sabilillah (studi kitab tafsir al Maraghiy karya Ahmad Mustafa al Maraghiy)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DI, Alfatah (2018) Sabilillah (studi kitab tafsir al Maraghiy karya Ahmad Mustafa al Maraghiy). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfatah DI_F12516289.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sabilillah dipahami sebagai jalan Allah. Sabilillah merupakan jalan Allah berupa media perjuangan agama dan ibadah yang dilalui oleh manusia dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Ayat-ayat sabilillah tersebar dalam 69 tempat di dalam al-Qur’an.alasan penulis memilih judul ini adanya keraguan tentang makna sabilillah yang terdapat pada surat at-Tawbah ayat 41 ,keraguan itu berawal dari kesalahpahaman penafsiran adakalanya berupa pemahaman mengartikan sabilillah terlalu luas ataupun mempersempit cakupan makna sabilillah pada kelompok tertentu saja tanpa berdasarkan atas pijakan tafsir ayat al-Qur’an yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Ada dua pokok yang dibahas dalam tulisan ini. Pertama makna sabilillah dalam al-Qur’an menurut para mufassirin dan kedua, pandangan al-Maraghiy memaknai ayat-ayat sabilillah Penelitian jenis kajian kepustakaan ini dilakukan dengan cara dokumen, yaitu mengumpulkan data dengan cara mencari dan membaca serta menelaah data kualitatif yang sesuai dengan tema dari sumber primer dan sumber sekunder yang telah ditentukan dari karya pustaka untuk selanjutnya dikumpulkan menjadi satu. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa dengan metode induktif. Argumen-argumen dirangkai secara runtut dan ditata secara berkesinambungan serta mempunyai sumber rujukan yang jelas sehingga dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dinilai sebagai karya ilmiah. Hasil penilitian mengungkapkan bahwa Interpretasi al- Maraghiy secara garis besar tentang ayat-ayat sabilillah dalam tafsir al- Maraghiy sangat luas cakupannya baik yang berkenaan dengan permasalahan jihad, infaq, zakat maupun bidang yang lain. Pandangan beliau tentang sabilillah sangat luas. Beliau tidak mempersempit penafsiran tersebut. Pandangan beliau tentang sabilillah sangat umum dan menyentuh semua aspek kemaslahatan umat. al- Maraghiy menafsirkan ayat-ayat sabilillah dengan pemaknaan jalan Allah yang berarti agama Allah atau ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
DI, Alfatahalfatahdi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Sabilillah; Tafsir al-Maraghiy
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Alfatah DI
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:46
Last Modified: 19 Feb 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29911

Actions (login required)

View Item View Item