Metodologi Tafsir Ayat-ayat Hukum Karya Luthfie Abdullah Ismail

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isa, Haidar (2019) Metodologi Tafsir Ayat-ayat Hukum Karya Luthfie Abdullah Ismail. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haidar Isa Zakariya Yahya_E93215065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tafsir Ayat-ayat Hukum karya Luthfie Abdullah Ismail merupakan salah satu tafsir dengan corak hukum atau fiqih yang sangat ringkas dan mudah dipahami. Hal ini dikarenakan penafsirannya yang cenderung tidak menggunakan pendapat baik dari ulama tafsir maupun ulama fiqih. Munculnya penelitian ini dilatarbelakangi oleh metodologi tafsir yang digunakan oleh Luthfie Abdullah Ismail dalam menafsirkan Alquran. Penelitian ini mencoba menganalisa metodologi yang digunakan Luthfie Abdullah Ismail dalam menafsirkan Alquran dan karakteristik yang dihasilkan dalam kitab Tafsir Ayat-ayat Hukum. Karenanya, fokus penelitian ini adalah memperoleh jawaban seputar: 1) Bagaimana metodologi yang digunakan Luthfie Abdullah Ismail dalam menafsirkan kitab Tafsir Ayat-ayat Hukum?, dan 2) Bagaimana karakteristik dari kitab Tafsir Ayat-ayat Hukum karya Luthfie Abdullah Ismail?
Model penelitian yang saat ini digunakan adalah kualitatif, yang mana dalam segi penyajiannya menggunakan teknik deskriptif dan analisis. Penelitian ini berobjek pada penafsiran Tafsir Ayat-ayat Hukum. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research, yaitu menitikberatkan terhadap literatur-literatur baik primer maupun sekunder. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan jawaban bahwa: 1) kitab Tafsir Ayat-ayat Hukum karya Luthfie Abdullah Ismail menggunakan metode yang di mana ada empat hal terkait metodologi tafsir, yaitu a) Metode yang digunakan adalah maudhu’i, b) Tafsir Ayat-ayat Hukum karya Luthfie Abdullah Ismail dalam menafsirkan Alquran menggunakan sumber dari Alquran dan hadis-hadis shahih, c) Tafsir Ayat-ayat Hukum cenderung atau lebih dominan tafsir bentuk bi al-ma’tsur (riwayat), d) Dari segi corak tafsir jelas dari sebuah judul dan isi penafsirannya yakni corak fiqih atau hukum. Kemudian, 2) Dalam Tafsir Ayat-ayat Hukum yang menjadikan karakteristik tafsir ini ialah tafsir ini sangat ringkas dan mudah dipahami, menafsirkan dan menetapkan hukum dengan menggunakan sumber Alquran dan hadis, tidak menggunakan argumen madzhab meskipun coraknya tafsir fiqih, praktis dan sistematis dalam menjelaskan kandungan Alquran, dan tidak adanya catatan kaki dan daftar pustaka sebagai tinjauan referensi yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isa, Haidarhaiszy12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Luthfie Abdullah Ismail; Tafsir Ayat-ayat Hukum; Metodologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yahya Haidar Isa Zakariya
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:22
Last Modified: 14 Feb 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29922

Actions (login required)

View Item View Item