Industri kreatif dan perubahan sosial (studi tentang perubahan sosial masyarakat pasca berdirinya home industri kreatif kerajinan akar jati di Desa Geneng Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Deasy (2019) Industri kreatif dan perubahan sosial (studi tentang perubahan sosial masyarakat pasca berdirinya home industri kreatif kerajinan akar jati di Desa Geneng Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deasy Wahyuningtyas_I03215003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah perubahan sosial yang terjadi pada suatu masyarakat pasca berdirinya suatu home industri kreatif. Dari permasalahan ini diambil tiga rumusan masalah yang nantinya akan dibahas, yakni bentuk perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat, latar belakang terjadinya perubahan sosial masyarakat, dan tipologi masyarakat pasca berdirinya home industri kreatif tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk mengkaji permasalahan perubahan sosial masyarakat Desa Geneng pasca beridirinya home industri kreatif kerajinan akar jati ialah teori Strukturalisme Fungsional dengan skema AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) Terdapat beberapa bentuk perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat Desa Geneng pasca berdirinya home industri kreatif kerajinan akar jati yakni perubahan dalam aspek sosial ekonomi, perubahan dalam aspek pendidikan, perubahan dalam aspek keagamaan, dan perubahan dalam aspek gaya hidup. (2) Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat Desa Geneng pasca berdirinya home industri kreatif kerajinan akar jati, namun yang paling utama ialah latar belakang ekonomi yang kurang baik dan pertimbangan akan ketersediaan bahan baku produksi dari kerajinan akar jati. (3) Terdapat tiga tipologi yang ada pada masyarakat Desa Geneng pasca berdirinya home industri kreatif kerajinan akar jati yakni, masyarakat yang mengalami perubahan secara drastis, masyarakat yang mengalami perubahan namun tidak secara drastis, dan masyarakat yang hampir tidak tersentuh atau mengalami perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Deasydeasy.zone@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Industri RumahTangga
Keterampilan
Sosiologi
Keywords: Industri Kreatif; Perubahan Sosial; Kerajinan Akar Jati.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Wahyuningtyas Deasy
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:12
Last Modified: 18 Feb 2019 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item