Studi komparasi nilai pendidikan karakter prespektif Ki Hajar Dewantara dan K.H. Wahid Hasyim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzihni, Roudlotul (2019) Studi komparasi nilai pendidikan karakter prespektif Ki Hajar Dewantara dan K.H. Wahid Hasyim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudlotul Dzihni_D91215110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian kali ini yakni: (1) Bagaimana nilai pendidikan karakter prespektif Ki Hajar Dewantara? (2) Bagaimana nilai pendidikan karakter prespektif K.H. Wahid Hasyim? dan (3) Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter prespektif Ki Hajar Dewantara dan K.H. Wahid Hasyim? Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan pribadi dari penulis mengenai gersangnya pengetahuan penulis mengenai keteladanan tokoh dalam bidang pendidikan, terutama tokoh pendidikan di Indonesia. Menyelami dunia pendidikan, terutama Pendidikan Agama Islam, maka penulis merasa perlu memahami pemikiran-pemikiran para tokoh pendidikan. Apalagi jika melihat realitas zaman sekarang dimana dunia pendidikan seakan kehilangan roh. Dasar pendidikan seakan mempunyai pondasi yang rapuh dibawah dan berusaha menopang beban yang berat di atas. Oleh karena itu, kiranya dirasa perlu kembali mempelajari mengenai pemikiran tokoh pendidikan di masa lalu. Data dari penelitian ini diambil dari buku karangan Ki Hajar Dewantara Bagian Satu Pendidikan dan buku karangan Aboebakar Atjeh yang berjudul Sejarah Hidup K.H. Wahid Hasyim. serta buku-buku yang relevan dengan hal tersebut. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan untuk teknik analisis data menggunakan content analysis. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh hasil bahwa aspek yang menjadi persamaan dari nilai pendidikan Ki Hajar Dewantara dan K.H. Wahid Hasyim terletak dalam nilai toleransi dan cinta tanah air. Sedangkan Point yang berbeda dari nilai-nilai pendidikan karakter prespektif Ki Hajar Dewantara dengan K.H. Wahid Hasyim adalah nilai bebas bertangungjawab, kerjasama, rendah hati, tetep-mantep-antep, ngandel-kendel-bandel-kandel, dan neng-ning-nung-nang. Sedangkan point yang berbeda dari nilai-nilai pendidikan karekter prespektif K.H. Wahid Hasyim dengan Ki Hajar Dewantra adalah mandiri, percaya diri, berani, terbiasa berfikir, membuat rencana, sabar, dan religius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzihni, Roudlotulroudlotul.dzihni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan karakter; Ki Hajar Dewantara; K.H. Wahid Hasyim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dzihni Roudlotul
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29927

Actions (login required)

View Item View Item