Relevansi Sains terhadap Al Quran: penafsiran Tantowi Jauhari atas surat at Tur ayat 6

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Latifah Nur (2019) Relevansi Sains terhadap Al Quran: penafsiran Tantowi Jauhari atas surat at Tur ayat 6. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifah Nur Azizah_E03215021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tafsir al-Jawahir fi Tafsir Alquran karya Tantawi Jauhari> merupakan salah satu tafsir dengan corak ‘ilmi yang banyak menuai pro dan kontra. Hal ini dikarenakan penafsirannya yang cenderang sangat luas dibidang pengetahuan modern. Munculnya penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembuktian sains modern terhadap fenomena api di dalam lautan yang telah disebutkan di dalam Alquran surat at-Tur ayat 6, wa al-bahr al-masjur. Penelitian ini mencoba menganalisis antara penafsiran Tantawi yang masyhur dengan corak sainsnya serta relevansinya terhadap penemuan sains modern. Karenanya, fokus penelitian ini adalah memperoleh jawaban seputar, 1) Bagaimana penafsiran Tantawi Jauhari terhadap surat at-Tur ayat 6 tentang fenomena api di dalam laut? dan 2) Bagaimana relevansi penafsiran Tantawi Jauhari dengan ilmu sains modern terhadap surat at-Tur ayat 6 tentang fenomena api di dalam laut? Dengan menggunakan pandangan Tantawi Jauhari, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Alquran dan sains tidak saling bertentangan. Model penelitian yang saat ini digunakan adalah kualitatif, yang mana dalam segi penyajiannya menggunakan tehnik deskriptif analisis. Penelitian ini berobjek pada penafsiran Tantawi Jauhari terhadap surat at-Tur ayat 6 dan relevansinya dengan penemuan sains modern. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research, yaitu menitikberatkan terhadap literature-literatur baik primer maupun sekunder. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan jawaban bahwa, 1) Tantawi dalam menafsirkan surat at-Tur ayat 6 menggunakan teori kebahasaan, teori munasabah, dan teori sains. Dan 2) Pada kenyataanya, teori kebahasaan yang digunakan Tantawi senada dengan pengakuan ilmuwan sains bahwa sesungguhnya surat at-Tur ayat 6 adalah fenomena yang bisa dibuktikan pada zaman sekarang, tanpa menunggu hari kiamat tiba. Hal ini dikuatkan dengan adanya penemuan yang telah dilakukan oleh para ilmuwan saintis modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Latifah Nurlatifahnurazizah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: al Bahr al Masjur; teori kebahasaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Azizah Latifah Nur
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:13
Last Modified: 15 Feb 2019 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29946

Actions (login required)

View Item View Item