Konsep Kidhb Dalam Alquran ; Kajian Semantik Toshihiko Izutsu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hudlor, M.A.B.Sholahuddin (2019) Konsep Kidhb Dalam Alquran ; Kajian Semantik Toshihiko Izutsu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Ahmad Bonang Sholahuddin Hudlor _ E93215119.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kata Kidhb dalam Alquran dengan menggunakan metode penelitian library research yaitu suatu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk mendapatkan data penelitian. Rangkaian kegiatan dalam metode penelitian ini tidak hanya sebatas membaca dan mengumpulkan data namun juga megolah data penelitian yang telah dikumpulkan. Adapun teori yang digunakan untuk membedah data penelitian tersebut menggunakan teori semantik Toshihiko Izutsu yang mana akan menghasilkan makna Weltanshauung yaitu suatu konsepsi makna yang direkontruksi Alquran. Dalam tahap awal harus menentukan satu fokus kata yang akan dijadikan sebagai objek penelitian, kemudian menggali makna dasar yang akan dijadikan sebagai pedoman pada tahap selanjutnya, pada tahap ketiga menggali makna relasional, setelah mengetahui makna relasi dari kata focus tersebut maka selanjutnya adalah menggali makna kesejarahan dari kata focus tersebut, setelah semua tahap ditempuh, maka akan membentuk makna weltanschauung yaitu rekontruksi makna yang dilakukan oleh Alquran. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Kata Kidhb dalam Alquran beserta derevasinya disebutkan sebanyak 275 kali dalam 251 ayat pada 67 surat. sedangkan makna kidhb menurut 3 periode mufasir, Muqati ibn Sulaiman mengatakan kidhb adalah pendustaan yang dilakukan oleh orang kafir, Al alusi menyebutkan bahwa kidhb adalah pendustaan yang dilakukan melalui lisan, dan Bintu Shati menjelaskan kidhb dengan makna yang menjadi lawan katanya yaitu Sidq yaitu seseorang yang melakukan rukun islam. Makna Weltanschauung dari kata Kidhb yaitu pendustaan terhadap ajaran Allah baik hal tersebut melalui Alquran, Nabi dan Rasul, dan segala bentuk pentunjuk dari Allah, dari hasil ini menunjukan bahwa kata Kidhb dalam Alquran memiliki konotasi negatif sesuai dengan makna dasarnya yaitu berlawanan dengan kebenaran, sedangkan makna Kidhb pra Quranik bergeraka secara sinkronik yaitu sesuai dengan kondisi dan siapa yang menggunakan kata tersebut sehingga terdapat suatu makna yang berlawanan dengan kata dasarnya yaitu Kidhb yang bermakna memotivasi untuk melakukan sesuatu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hudlor, M.A.B.SholahuddinSyakuntala090697@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kidhb; Semantik; Toshihiko Izutsu.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hudlor Mohammad Ahmad Bonang Sholahuddin
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:57
Last Modified: 18 Feb 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29962

Actions (login required)

View Item View Item