Makna al-‘Urwah al-Wuthqa dalam Alquran (Studi Komparatif Perspektif Tokoh Ulama Tafsir Sunni dan Syiah)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Sulistia (2019) Makna al-‘Urwah al-Wuthqa dalam Alquran (Studi Komparatif Perspektif Tokoh Ulama Tafsir Sunni dan Syiah). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulistia Ningsih_E93215145.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penulis memilih tema ini, karena dirasa menarik dan sangat penting untuk dilakukan penelitian secara ilmiah dalam lafadz al-‘Urwah al-Wuthqa yang diartikan dengan multitafsir. Untuk memecahkan penafsiran antara ulama tafsir Sunni dan Syiah, penulis melakukan perbandingan penafsiran serta pendekatan penafsirannya masing-masing. Guna menemukan substansi yang dimaksud oleh lafadz al-‘Urwah al-Wuthqa yang terdapat dalam surah al-Baqarah:256 dan Luqman:22. Dalam hal ini mempersoalkan tentang perbedaan penafsiran antara mufassir Sunni dan Syiah dalam menafsirkan al-‘Urwah al-Wuthqa serta bagaimana pengaruh latar belakang dalam penafsirannya. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang menitikberatkan pada literatur dengan cara menganalisis muatan dari isi literatur yang terkait dengan penelitian baik dari sumber data primer maupun sekunder. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari golongan ulama tafsir Sunni memaknai al-‘Urwah al-Wuthqa dengan “Iman, Agama Islam, Kalimat la ilaha illa Allah, kalimat Syahadatain, Tali Penyelamat dan Alquran. Dengan menukil dari berbagai riwayat baik yang bersumber dari tabi’in, tabi’-tabi’in hingga pada Rasulullah Saw. Teori yang sama digunakan oleh ulama tafsir Syiah dalam memaknai lafadz tersebut, akan tetapi redaksi yang digunakan berbeda. Ulama tafsir Syiah mengedepankan riwayat yang bersumber dari ahlulbait dan pengaruh doktrinnya sehingga makna yang dihasilkan juga bebeda. Lafadz al-‘Urwah al-Wuthqa dimaknai dengan “Wilayah”. Teori yang digunakan oleh ulama tafsir Sunni dan Syiah sama-sama akurat karena keduanya sama-sama menggunakan alasan yang dasarnya jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Sulistiasulistia.usman@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: al-‘Urwah al-Wuthqa; Tafsir Sunni dan Syiah; Tafsir Alquran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ningsih Sulistia
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:16
Last Modified: 15 Feb 2019 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item View Item