Penggunaan metode bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada kelompok A di PAUD An-Nahdliyah Kenongo Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Febri Dwi Fitria (2019) Penggunaan metode bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada kelompok A di PAUD An-Nahdliyah Kenongo Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febri Dwi Fitria Ningrum_D78214020 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kesulitan pada siswa kelompok A dalam mengenal angka Di PAUD An-Nahdliyah Kenongo Tulangan Sisoarjo. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa dalam mengenal angka 1-10 bahwa siswa yang tidak tuntas sebesar 29,41% (Mulai Berkembang) dan 47,05% (Belum Berkembang). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan metode bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 setelah penggunaan metode bermain kartu angka pada kelompok A Di PAUD An-Nahdliyah Kenongo Tulangan Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus dari pra-siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I, siklus II, dan siklus III terdiri dari 4 tahapan yaitu : perancanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Penggunaan metode bermain kartu angka berkembang sangat baik pada siklus III dengan menggunakan media kartu angka bergambar dan meronce angka 1-10 secara berurutan. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus I meningkat 57,89% (Cukup) menjadi 64,47% (Baik) dan Sangat Baik pada siklus III sebesar 84,21%. Begitupun pada observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 57,89% (Cukup), menjadi 64,47% (Baik), dan Sangat Baik 84,21%. 2) Adanya kemampuan mengenal angka 1-10 setelah penerapan media kartu angka bergambar digunakan terlihat hasil ketuntasan siswa dalam mengenal angka 1-10 berkembang sangat baik dan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 47,05% (Belum Berkembang), pada tahap siklus I sebesar 46,32% (Mulai Berkembang), Siklus II sebesar 65,44% (Berkembang Sesuai Harapan) dan siklus III yang (Berkembang Sangat Baik) sebesar 83,08% yang mana sudah memenuhi indikator yang sudah ditetapkan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Febri Dwi Fitriafebbyningrum1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Mengenal Angka 1-10; Bermain Kartu Angka Bergambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Ningrum Febri Dwi Fitria
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:37
Last Modified: 14 Feb 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29998

Actions (login required)

View Item View Item