Penerapan strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren: studi kasus pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syumas, Azizatul Lathifah (2019) Penerapan strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren: studi kasus pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizatul Lathifah Syumas_D03214001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa pelaksanaan strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren yang berada di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya, mengenai persoalan-persoalan yang akan dikaji dalam skripsi diantaranya adalah proses scanning lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi dalam pelaksanaan strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya. Dalam menjawab persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan cara: (1) Ketekunan pengamatan, (2) Triangulasi. Dari temuan penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Analisis lingkungan dilaksanakan secara langsung, (2) Formulasi strategi dimulai dari visi dan misi, filosofi dan nilai organisasi, tujuan dan sasaran organisasi, motto dan budaya kerja. Dan mengenai strategi fundraising dilakukan dengan bersifat fleksibel dan terbuka, (3) Implementasi strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren bersifat langsung dan tidak langsung, baik mengenai program kerja, anggaran dan mekanisme strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren, (4) Evaluasi strategi fundraising dalam pengelolaan pondok pesantren dilakukan secara trial dan error.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syumas, Azizatul Lathifahazizatullathifahsyumas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi; Fundraising; Strategi Fundraising
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syumas Azizatul Lathifah
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:59
Last Modified: 15 Feb 2019 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30025

Actions (login required)

View Item View Item