THE EFFECTIVENESS OF REALIA STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS WRITING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT FOR THE SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL KYAI HASYIM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Luluk (2015) THE EFFECTIVENESS OF REALIA STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS WRITING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT FOR THE SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL KYAI HASYIM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis sangat penting dalam komunitas sastra dunia untuk menyampaikan pengetahuan dengan mudah, bahkan kemampuan ini menjadi masalah yang besar bagi siswa. Karena mereka mempunyai motivasi yang rendah dalam bahasa inggris khususnya dalam skill menulis deskriptif teks. Guru harus menyiapkan metode sesuai materi, karena media mempengeruhi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti apakah strategi realia efektif untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif pada siswa kelas delapan di SMP Kyai Hasyim Surabaya. Peneliti menggunakan quasi experimental sebagai desain penelitian dan mengambil dua kelas sebagai sampel; VIII B sebagai experimental group dan VIII A sebagai control group. Peneliti melakukan tes sebelum diberikan treatment dan final test setelah diberikan treatment pada kedua kelas tersebut. Experimental group diajari menggunakan strategi realia sedangkan control group tidak. Data yang diambil dari tes tulis diproses dengan menggunakan deskriptif statistic untuk mengetahui kemampuan menulis siswa pada experimental group dan control group setelah diberikan treatment. Untuk mengetahui kefeefektifan strategi realia, peneliti memperoses data dengan menggunakan tes normalitas untuk mengetahui apakah skor tes dari experimental group dan control group mempunyai distribusi normal atau tidak. Tes homogenitas digunakan untuk menghitung varian dari skor tes pada kedua grup. Hasil analisis statistik menggunakan t-test menunjukkan bahwa experimental group mempunyai kemampuan menulis yang lebih tinggi daripada control group, hal ini bisa dilihat dari skor rata rata yaitu 68,51 untuk experimental group dan 63,78 untuk control group. sedangkan hasil t-test lebih lebih besar daripada t-table (2.742 > 1.66629), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian tes statistic menunjukkan bahwa strategi realia efektif untuk digunakan dalam mengajar deskriptif teks khususnya dalam writing skill pada siswa kelas delapan di SMP Kyai Hasyim Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Hanafi, Rikar Eka
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, LulukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Realia Strategy; Writing Ability; Descriptive Text
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2015 06:35
Last Modified: 22 Dec 2015 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item