Penerapan model kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan pemahaman tema 4 subtema peredaran darahku sehat di kelas V MI Manna Was Salwa Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nur Kholipah Puspita (2019) Penerapan model kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan pemahaman tema 4 subtema peredaran darahku sehat di kelas V MI Manna Was Salwa Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholipah Puspita Sari_D97215102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran yang kurang inovatif dan siswa kurang antusias dengan adanya kurikulum baru. Beberapa siswa masih belum mampu memahami Tematik Tema 4 Subtema Peredaran Darahku Sehat secara maksimal sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tolak ukur siswa dilihat dari hasil belajar sebelumnya yaitu 42,85% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pemahaman dalam pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik subtema peredaran darahku sehat siswa kelas V MI Manna Was Salwa Sidoarjo ? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman tematik subtema peredaran darahku sehat melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas V MI Manna Was Salwa Sidoarjo ?. Penelitian ini dilakukan di MI Manna Was Salwa Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berjalan baik karena dapat meningkatkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I 92,30 meningkat pada siklus II menjadi 97,11. Perolehan hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 88,46 meningkat pada siklus II menjadi 94,23. 2) Data hasil belajar menunjukkan peningkatan pemahaman siswa pada pra siklus memperoleh persentase hasil belajar 42,85% dengan rata-rata 63,68, pada siklus I memperoleh hasil belajar 77,14% dengan rata-rata 75 dan siklus II memperoleh persentase hasil belajar 94,28% dengan rata-rata 85,14.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nur Kholipah Puspitanurkholipahpuspitasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kooperatif tipe group investigation; Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Nur Kholipah Puspita
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:03
Last Modified: 14 Feb 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item