Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qulub, Mohammad Tanwirul (2019) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Tanwirul Qulub_D71213110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Novel Moga Bunda Disayang Allah, merupakan Novel yang dikarang oleh Tere Liye, Novel ini menceritakan seorang anak bernama Melati penderita buta dan tuli untuk bisa mengenali dunia, dan juga perjuangan seorang pemuda bernama Karang untuk bisa keluar dari perasaan bersalah setelah kematian 18 anak didiknya dalam kecelakaan kapal. Melati tidak pernah mendapatkan cara untuk mengenal apa yang ingin dikenalnya. Bahkan tim dokter ahli yang diundang oleh orang tuanya belum berhasil menyembuhkann Melati. lalu keajaiban datang ketika air mancur membasuh lembut telapak tangan Melati. Melati merasakan aliran air di sela jemarinya. Saat itulah untuk pertama kalinya Karang melihat Melati tertawa. Karang akhirnya mengerti, melalui telapak tangan tersebut Melati dapat mengenali dunia. Fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1.Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah, 2.Bagaimana karakteristik tokoh dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dan 3.Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah dengan pendidikan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui nilai akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah, 2. Mengetahui karakteristik tokoh dalam novel, dan 3. Menjelaskan relevansi nilai akhlak yang terkandung dalam novel dengan pendidikan Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk pendekatanya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik yang secara gampangnya berarti menafsirkan. Analisis ini juga menggunakan teori Relevansi sebagai pisau analisa guna mencari kecocokan konsep.Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye yaitu; 1.Akhlak terhadap Allah,2. Akhlak terhahap Diri sendiri, 3. Akhlak terhadap Keluarga, 4. Akhlak terhadap Sesama nilai-nilai tersebut bisa kita ketahui dari penokohan dalam novel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qulub, Mohammad Tanwirulmohammadtanwirulqulub@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Keywords: Nilai pendidikan Akhlak, Novel Moga Bunda Disayang Allah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qulub Mohammad Tanwirul
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:50
Last Modified: 15 Feb 2019 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30045

Actions (login required)

View Item View Item