Penggunaan stick angka dengan media karet berwarna untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok a di Tk Dharma Wanita Junwangi Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Ririn (2019) Penggunaan stick angka dengan media karet berwarna untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok a di Tk Dharma Wanita Junwangi Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Indrawati_D08214010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan anak dalam menjumlah bilangan 1 – 5 masih sangat rendah dari 16 anak hanya sebanyak 4 anak (25%) yang mampu berhitung sedangkan sebanyak 12 anak (75%) lainnya belum mampu berhitung dengan baik ketika hasil penjumlahan mulai angka 6 sampai dengan 10. Peneliti menggunakan stick angka dengan media karet berwarna sebagai alat stimulasi sehingga anak mampu berhitung dengan baik. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berhitung bilangan 1 sampai 5, bagaimana penerapan stick angka dengan media karet berwarna untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan bagaimana peningkatan kemampuan berhitung bilangan 1 – 5 melalui penggunaan stick angka dengan media karet berwarna pada kelompok A di TK Dharma Wanita Junwangi kecamatan Krian kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok A di TK Dharma Wanita Junwangi dengan menggunakan Stick Angka dengan media karet berwarna. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan data yang diperoleh adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif nilai hasil belajar berupa penilaian rata – rata dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang digunakan menggunakan model Kurt Lewin dimana proses penelitiannya adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan atau observasi (observing), refleksi (reflecting). Metode penelitian ini adalah analisis penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan anak dalam berhitung penjumlahan. Beberapa anak terlihat bingung dan terlihat sangat ragu untuk menentukan hasil penjumlahan. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran sehingga anak belum mampu memahami konsep berhitung dengan baik. kemampuan berhitung pada kelompok A di TK Dharma Wanita Junwangi dengan menggunakan stick angka dengan media karet berwarna dapat meningkat mulai dari pra siklus Peneliti melakukan tindakan pada siklus I yaitu ada 8 anak yang tuntas, pada siklus II ada 14 anak yang tuntas yang mengalami peningkatan yang sebelumnya hanya 4 siswa yang tuntas dalam kemampuan berhitung. Penerapan dan peningkatan kemampuan anak dalam menjumlah bilangan menggunaan stick angka dengan media karet berwarna bilangan 1 – 5 sebagai stimulasi anak mampu berhitung dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Ririnririnindrawati720@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Keywords: Kemampuan Berhitung; Stick Angka Dengan Media Karet Berwarna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Indrawati Ririn
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:24
Last Modified: 14 Feb 2019 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item