Makna "Sultan Mubina" persepektif Hamka (Qs.An-Nisa')

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nur (2019) Makna "Sultan Mubina" persepektif Hamka (Qs.An-Nisa'). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Jannah_E93215131.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nur Jannah, “Makna Sulta>na> Mubi>na> Persepektif Hamka” (Qs. An-Nisa’, ayat 91, 144, 143) Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna Sulta>na> Mubi>na> Qs. An-Nisa’, ayat 91, 144, 153. Hamka dalam menafsirkan kalimat tersebut berbeda dengan mufassir yang lain, mufassir yang lain menafsirkan dengan alasan yang nyata. Maka dari itu, peneliti ingin mengungkap teori yang digunakan oleh Hamka, dan mendeskripsikan penafsirannya, dan menganalisis teori dalam penafsirannya tersebut. Metode ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research), penelitian ini betujuan untuk mengunkap isi penafsiran Hamka terhadap kalimat Sulta>na> Mubi>na> Qs. An-Nisa’, ayat 91, 144, 153 dikaji dengan teori balaghah, munasabah, dan fungsi hadist terhadap Alquran. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penafsiran kalimat Sulta>na> Mubi>na> Qs. An-Nisa’, ayat 91, 144, 153 menggunakan teori balaghah, munasabah, dan fungsi hadist (riwayat) terhadap Alquran. Adapun penafsirannya membahas tentang kekuasaan yang dijelaskan dengan berbeda-beda konteks. pertama, kekuasan tentang memimpin perang secara damai, kedua tentang memilih pemimpin, ketiga tentang kekuasaan yang diberikan kepada Nabi Musa. Sedangkan analisis dalam kalimat tersebut, di ayat 91 terdapat teori balaghah, munasabah, fungsi hadist (riwayat) terhadap Alquran, Adapun ayat 144 menggunakan teori munasabah, balaghah, sedangkan di ayat 153 tidak menggunakan teori munasahah dan balaghah, tetapi penafsirannya hanya dipertegas dengan riwayat (hadist).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nurnurjannah.jrg@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Jannah Nur
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:16
Last Modified: 14 Feb 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item