Makna al-Akh dalam Al Quran perspektif teori Tartib al-Nuzul

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutawakkil, Mochammad Ali (2019) Makna al-Akh dalam Al Quran perspektif teori Tartib al-Nuzul. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Mochammad Ali Mutawakkil_E23215152.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada umumnya tafsir, penafsiran mengenai kata Al-Akh berdasarkan teori tartib al-nuzul belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terminologi kata al-akh dalam Alquran dan mengetahui penggunaan kata al-akh dalam Alquran berdasarkan teori tartib al-nuzul. Penelitian dalam hal ini menggunakan metode nuzuli-tematik yaitu menafsirkan Alquran dengan menentukan tema terlebih dahulu kemudian dianalisis melalui Alquran sesuai tartib al-nuzul. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Secara Terminologi, redaksi kata al-akh biasa diartikan sebagai saudara dari nasab (saudara kandung), terkadang juga (digunakan untuk menyebut) teman dan sahabat. Term al-akh dalam Alquran disebutkan sebanyak 96 kali. Secara Teori Tartib Al-Nuzul, kata al-akh ternyata mengalami perkembangan penggunaan dalam Alquran dengan urutan: Fase pertama, kata al-akh digunakan hanya untuk menyebut saudara kandung yakni orang yang paling dekat padanya (aqrabu al-nas ilaihi). Fase kedua, kata al-akh juga mulai digunakan untuk menyebut saudara sesama kaum yakni tingkat kedua orang yang paling dekat padanya (aqrabu al-nas ilaihi) karena masih memiliki hubungan darah dan keturunan serta masih satu nenek moyang. Fase ketiga: kata al-akh digunakan untuk menyebut saudara kandung, saudara sesama kaum dan juga mulai digunakan untuk menyebut saudara sesama sifat, yakni persaudaraan yang dipersatukan dalam suasana kesamaan sifat yang berhubungan dengan nafsu kesenangan saja. Fase keempat: kata al-akh digunakan untuk menyebut saudara kandung, saudara sesama kaum, saudara sesama sifat dan juga mulai digunakan untuk menyebut saudara sesama mukmin yang tidak hanya dipersatukan dalam suasana kesenangan saja akan tetapi juga suasana kesusahan dalam usaha menjalankan perintah Allah Swt.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutawakkil, Mochammad Alimochalimutawakkil@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Al-Akh; Ukhuwah; Tartib Al-Nuzul; Tematik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mutawakkil Mochammad Ali
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:56
Last Modified: 19 Feb 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30082

Actions (login required)

View Item View Item