Peningkatan kemampuan mengenal bentuk dan warna melalui alat permainan smart train pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Setya Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awwalia, Radinna Fillah (2019) Peningkatan kemampuan mengenal bentuk dan warna melalui alat permainan smart train pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Setya Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Radinna Fillah Awwalia_D78214034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Setya Harapan Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan dalam mengenal bentuk dan warna pada kelompok A masih kurang, hal tersebut dikarenakan alat permainan ataupun media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang maksimal dan variatif. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara dengan menerapkan permainan smart train supaya siswa dapat meningakatkan kemampuan mengenal bentuk dan warna melalui alat permainan ini.Model penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas ini mempunyai 4 komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan yang dimaksud dengan bentuk kolaboratif dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peneliti dan guru bekerja sama atau berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran.Hasil presentase pra siklus pada aspek belajar mengelompokkan benda berdasarkan bentuk mencapai 33,3% dan pada aspek mengelompokkan benda berdasarkan warna mencapai 26,7%. Pada siklus I mengalami peningakatan, yakni pada aspek belajar mengelompokkan benda berdasarkan bentuk mencapai 40% dan pada aspek mengelompokkan benda berdasarkan warna mencapai 40%. Pada siklus II mengalami peningkatan, pada aspek belajar mengelompokkan benda berdasarkan bentuk mencapai 80% dan pada aspek mengelompokkan benda berdasarkan warna mencapai 87%. Dapat disimpulkan bahwasanya kemampuan dalam mengenal bentuk dan warna pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Setya Harapan Surabaya dapat ditingkatkan melalui alat permainan smart train.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awwalia, Radinna Fillahradinna.fillah18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Kemampuan Mengenal Bentuk dan Warna, Alat Permainan Smart Train, Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Awwalia Radinna Fillah
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:49
Last Modified: 15 Feb 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item