Pengaruh penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur'an terhadap kecerdasan sosial siswa MA Al Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diniyah, Hikmatud (2019) Pengaruh penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur'an terhadap kecerdasan sosial siswa MA Al Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatud Diniyah_D01214005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya menjadikan manusia berakal dan membentuk perilaku sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang ada (akhlakul karimah). Pendidikan dapat ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya melalui metode yang ada dalam pembelajaran Al Qur’an. Metode memiliki peranan penting untuk mengarahkan tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Salah satunya ialah metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur’an yang dikaitkan dengan kecerdasan sosial, pada dasarnya manusia saat ini tidak cukup hanya memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual saja, maka harus dilengkapi dengan kecerdasan sosial yang didapatkan dengan berbagai macam cara salah satunya dengan membiasakan aktif dalam pembelajaran melalui metode An Nahdliyah. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana penerapan metode An Nahdliyah, bagaimana kecerdasan sosial, serta bagaiamana pengaruh penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur’an terhadap kecerdasan sosial siswa MA Al Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi dan 4) Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur’an di MA Al Anwar cukup baik dalam sisi teknis pelaksanaannya dan implementasinya pada individu siswa. Hasil angket menunjukkan bahwa penerapan metode An Nahdliyah sebesar 36,4%. Sedangkan kecerdasan sosial siswa MA Al Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang tergolong baik, hal ini bisa dilihat dari angket tentang kecerdasan sosial siswa MA Al Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang sebesar 56,6%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode An Nahdliyah dengan kecerdasan sosial siswa. Dan kolerasi variabel penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur’an terhadap kecerdasan sosial siswa MA Al Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang diperoleh 51,4% dan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang siswa, keluarga, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diniyah, Hikmatudhikma.diniyah2017@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Penerapan Metode An Nahdliyah; Kecerdasan Sosial Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diniyah Hikmatud
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:26
Last Modified: 15 Feb 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30095

Actions (login required)

View Item View Item