Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui media Origami pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Robi'ah Al Adawiyah Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyati, Ismi (2019) Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui media Origami pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Robi'ah Al Adawiyah Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Khoiriyati_D98214053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesulitan belajar pada anak usia 4-5 tahun di Kelompok A RA Robi’ah Al-adawiyah Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo. Dari 20 anak hanya 5 anak yang mampu mendapatkan nilai sekurang-kurangnya Berkembang Sesuai Harapan. Minimnya media yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar membuat anak merasa bosan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan media origami. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran dengan media origami dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada kelompok A di RA Robi’ah Al-adawiyah Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna melalui media origami pada kelompok A di RA Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, penilaian non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: 1) Penerapan pembelajaran dengan media origami untuk meningkatkan kemampuan kognitif menggenal warna pada kelompok A di RA Robi’ah Al-adawiyah Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai aktivitas guru meningkat dari 52,9 pada siklus I menjadi 84,72 pada siklus II. Aktivitas anak pun meningkat dari 50 pada siklus I menjadi 83,3 pada siklus II. 2) Ada peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna melalui media origami pada kelompok A di RA Robi’ah Al-adawiyah Kepuh Kiriman Sidoarjo. Hal tersebut terbukti dari hasil prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya BSH pada siklus I yakni 65% dengan nilai rata-rata 63,75 kemudian pada siklus II hasil keterampilan menggunting meningkat dengan prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya BSH adalah 85% dengan nilai rata-rata 75,5. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil belajar anak telah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyati, Ismiaismi9333@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Mengenal Warna; Media Origami
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Khoiriyati Ismi
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:46
Last Modified: 14 Feb 2019 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30096

Actions (login required)

View Item View Item