Analisis Yuridis terhadap pernikahan dini akibat pergaulan media sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Ferdina Widya (2019) Analisis Yuridis terhadap pernikahan dini akibat pergaulan media sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferdina Widya Puspita_C91214105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Yuridis Terhadap Pernikahan Dini Akibat Pergaulan Media Sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk” ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana deskripsi pernikahain dini akibat pergaulan media sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk? dan Bagaimana analisis yuridis terhadap pernikahan dini akibat pergaulan media sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, karena data yang diperoleh tersebut diolah dan dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pola deduktif, dengan analisis yuridis terhadap pernikahan dini akibat pergaulan media sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Pernikahan dini akibat pergaulan media sosial di KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk dilakukan sebagaimana pernikahan dini pada umumnya, yaitu dengan memenuhi rukun dan syarat perkawinan serta telah adanya izin dispensasi dari Pengadilan Agama; Kedua, Pernikahan dini akibat pergaulan media sosial tersebut telah memenuhi rukun dan syarat perkawinan serta persyaratan administrasi yang tertuang dalam pasal 6 dan 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan pasal 14 Kompilasi Hukum Islam. Selain itu, juga telah menjamin hak anak sesuai dengan pasal 1 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka: pertama, bagi Kepala KUA Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk seharusnya melakukan pendekatan khusus kepada masyarakat dalam memperkenalkan batas usia minimal dalam pernikahan dan melakukan program bimbingan mengenai pernikahan, khususnya pernikahan dini serta dampak-dampaknya; kedua, bagi orang tua seharusnya mendampingi anak-anak dan mengawasi mereka setiap saat ketika belajar, bermain handphone maupun yang lain karena sejatinya anak itu membutuhkan perhatian yang sangat besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Ferdina WidyaFerrbery@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Pernikahan dini; pergaulan media sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Puspita Ferdina Widya
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:47
Last Modified: 14 Feb 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30100

Actions (login required)

View Item View Item