Manajemen Strategi Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah Darmo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Muhammad Mi'rojul Mu'min (2019) Manajemen Strategi Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah Darmo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
‏MI'rojul_B74214024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui: Pertama, Perumusan Startegi Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah Darmo Surabaya. Kedua, Penerapan Strategi Rekrutmen Imam di Masjid AL-Falah Darmo Surabaya. Ketiga, Evaluasi Strategi Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah Darmo Surabaya Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hal tersebut digunakan untuk menggambarkan secara aktual tentang Manajemen Strategi Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah Darmo Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, maupun observasi. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti di lapangan, triangulasi, dan diskusi. Teknik analisis data penelitian ini dimulai dengan pemilahan dan pemfokusan data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa terdapat Manajemen Strategi Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah Darmo Surabaya. Manajemen Strategi Rekrutmen imam di Masjid Al-Falah meliputi perumusan strategi (formulation), penerapan strategi (implemetation) dan evaluasi (evaluation). Perumusan Strategi (formulation) berkaitan dengan 4 rencana strategis yaitu pertama membuat visi dan misi, kedua membuat filosofi dan nilai organisasi, ketiga membuat tujuan dan sasaran organisasi, keempat merancang arah tujuan organisasi kedepan. .Penerapan Strategi (implementating) berupa proses untuk mewujudkan perumusan strategi melalui membentuk organisasi, menunjuk pelaksana, membuat standar operasional prosedur, menyiapkan sarana, anggaran dan jadwal pelaksanaan,. Evaluasi (evaluating) berupa agenda evaluasi setiap tiga bulan sekali untuk memastikan apakah suatu perencanaan dan penerapan strategi berjalan dengan efektif dan efesien melaui indikator-indikator penilaian. Rekrutmen Imam di Masjid Al-Falah menggunakan metode tertutup berupa rekomendasi atau penerimaan informasi calon imam dari pengurus dan pembina organisasi. Pengurus Masjid Al-Falah menentukan empat kualifikasi utama dalam rekrutmen imam yakni memiliki akhlak dan adab yang baik, mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil, hafidz Al-Qur’an minimal tiga juz, dan mampu berkhotbah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Muhammad Mi'rojul Mu'minahmadalngindeni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Manajemen Strategi, Rekrutmen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ismail Muhammad Mi'rojul Mukmin
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:57
Last Modified: 14 Feb 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30123

Actions (login required)

View Item View Item