Peningkatan pemahaman siswa kelas III Materi Penggolongan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di MI Nurus Syafi’i Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Ana (2019) Peningkatan pemahaman siswa kelas III Materi Penggolongan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di MI Nurus Syafi’i Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ana Farida_D07215003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas III untuk memahami materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA. Hal tersebut di ketahui pada saat wawancara dengan guru pada tahap pra siklus. Rendahnya pemahaman pada materi tersebut dikarenakan pembelajaran guru yang selalu menggunakan ceramah dan monoton sehingga hanya 37,5% siswa yang mencapai KKM. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TGT pada materi penggolongan makhluk hidup dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III MI Nurus Syafi’i Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas III MI Nurus Syafi’i Sidoarjo melalui model pembelajaran TGT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di MI Nurus Syafi’i Sidoarjo pada siswa kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 32 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data penelitian didapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi penggolongan makhluk hidup dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 78,33 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,35 (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 77,88 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,23 (sangat baik). 2) Peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup bagi siswa kelas III MI Nurus Syafi’i Sidoarjo setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT terlihat dari hasil peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa saat pra siklus 37,5% (kurang sekali), siklus I 68,75% (cukup) dan pada siklus II 87,5% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, AnaAnafarida17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Fisika
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Materi Penggolongan Makhluk Hidup; Model Team Games Tournament; TGT
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farida Ana
Date Deposited: 14 Feb 2019 05:24
Last Modified: 14 Feb 2019 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30141

Actions (login required)

View Item View Item