Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih Di MA Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Nidia Dwi (2019) Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih Di MA Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidia Dwi Nuraini_D01215032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya keterampilan belajar siswa dalam proses belajar di kelas, begitu juga kurangnya komunikasi atau tukar pikirann antar siswa tentang materi materi pelajaran sehingga menjadikan siswa kurang dalam hal berbiacara atau menyampaikan suatu pikiran kepada siswa yang lain. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode Gallery Walk pada mata pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. (2) Bagaimana keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. (3) Bagaimana penerapan metode Gallery Walk dalam meningkatkan keterampilan belajar peserta didik mata pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan metode Gallery Walk pada mata pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo, (2) Mendeskripsikan tentang keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Skodono Sidoarjo, (3) Mengidentifikasi penerapan metode Gallery Walk dalam meningkatkan keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode Gallery Walk pada mata pelajaran Fikih membuat siswa – siswi menjadi semakin aktif saat kegiatan belajar menagajar. (2) Keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dapat mebuat siswa semakin memiliki keahlian dalam menerima pelajaran dengan keterampilan belajar yang siswa tersebut miliki sehingga materi dapat dengan mudah difahami. (3) Dalam proses pembalajaran ternyata dengan menerapkan metode pembelajaran cooperative learning dan active learning model Gallery Walk dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Nidia Dwinidiadwinuraini87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Penerapan metode Gallery Walk; Meningkatkan Keterampilan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuraini Nidia Dwi
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:02
Last Modified: 15 Feb 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30165

Actions (login required)

View Item View Item