Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar tema 3 subtema 3 ayo cintai lingkungan pada siswa kelas IV MI Miftahul Jinan Semambung Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikha, Novi Lailus (2019) Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar tema 3 subtema 3 ayo cintai lingkungan pada siswa kelas IV MI Miftahul Jinan Semambung Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Lailus Sholikha_D97215100.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Jinan pada mata pelajaran tematik tema 3 peduli terhadap makhluk hidup karena proses pembelajaran kurang inovatif sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat pada persentase ketuntasan siswa kelas IV MI Miftahul Jinan pada mata pelajaran tematik yaitu sebesar 23,8% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Oleh karena itu peneliti ingin memberikan inovasi-inovasi dalam pembelajaran tematik agar siswa menjadi aktif dan lebih memahami pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar tema 3 subtema 3 tentang Ayo cintai lingkungan pada siswa kelas IV MI Miftahul Jinan Semambung kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar tema 3 subtema 3 ayo cintai lingkungan melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas IV MI Miftahul Jinan Semambung kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berjalan dengan baik karena meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan skor 80,43 dan siklus II mendapatkan skor 96,15. Pada siklus I aktivitas siswa mendapatkan skor 82,95 dan siklus II mendapatkan skor 96,15. (2) Data peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema 3 subtema 3 ayo cintai lingkungan dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa meningkat dari siklus I yaitu 73,7 (cukup) menjadi 86,8 (baik) pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 66,7% (kurang) jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 90,5% (baik) jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikha, Novi Lailuslailus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholikha Novi Lailus
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:50
Last Modified: 14 Feb 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30180

Actions (login required)

View Item View Item