Peningkatan pemahaman siswa materi beriman kepada kitab-kitab allah mata pelajaran akidah akhlak melalui model cooperative learning tipe talking stick di kelas IV C MINU Wedoro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2019) Peningkatan pemahaman siswa materi beriman kepada kitab-kitab allah mata pelajaran akidah akhlak melalui model cooperative learning tipe talking stick di kelas IV C MINU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah _ D97215077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV C MINU Wedoro Sidoarjo. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes di kelas sebelumnya dari 30 siswa kelas IV C, 16 siswa yang tuntas dalam tes dan mencapai 40% ketuntasan dalam belajar. Penyebabnya adalah siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang sangat jarang menggunakan model pembelajaran yang menarik dengan mengaktifkan siswa. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dalam meningkatkan pemahaman materi Beriman kepada kitab-kitab Allah pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MINU Wedoro Sidoarjo pada kelas IV C, dan Peningkatan pemahaman materi Beriman kepada kitab-kitab Allah dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada mata pelajaran Akidah Ahlak di MINU Wedoro Sidoarjo pada kelas IV C. Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 85,29 (Tinggi) meningkat menjadi 92,64 (Sangat Tinggi) pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I adalah 70,58 (Sedang) meningkat menjadi 88,23 (Tinggi) pada siklus II. Kedua, Tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah di kelas IV C menerapkan model Cooperative Learning tipe Talking Stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai tes pemahaman, pada siklus I diperoleh hasil 66,6% (Rendah) dengan rata-rata 65,66 (Rendah) dan pada siklus II diperoleh hasil 86,66% (Tinggi) dan rata-rata nilai sebesar 81,16 (Tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuswakh46@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hasanah Uswatun
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:26
Last Modified: 14 Feb 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30189

Actions (login required)

View Item View Item