Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam materi peristiwa fathu makkah melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas V MI Khoirul Huda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianti, Tetty Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam materi peristiwa fathu makkah melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas V MI Khoirul Huda Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tetty Dwi Yulianti_D97215113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar pada pembelajaran SKI materi peristiwa fathu makkah di MI Khoirul Huda Sidoarjo. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga menjadikan peserta didik kurang nyaman dan merasa bosan. Siswa malas membaca materi yang begitu banyak, efisien dan susah apabila dinalar dan jawaban harus sesuai dengan ketentuan sejarah yang ada sehingga apabila saat ulangan kebanyakan siswa memilih untuk mengosongkan jawaban. Dari 34 siswa hanya 18 siswa yang mencapai nilai di atas KKM yakni 75. Dengan permasalahan tersebut, perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa fathu makkah yakni dengan menggunakan model kooperatif tipe Mind Mapping sehingga siswa aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada Sejarah Kebudayaan Islam materi peristiwa fathu Makkah di kelas V MI Khoirul Huda Sidoarjo. (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Khoirul Huda setelah melakukan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi peristiwa fathu makkah melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Khoirul Huda Sidoarjo kelas V dengan jumlah siswa 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 71 (kategori cukup) pada siklus I menjadi 96 (kategori sangat baik) pada siklus II. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai di atas KKM dengan prosentase prasiklus 53%, siklus I 61%, dan siklus II 88,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianti, Tetty Dwitettydwi57@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulianti Tetty Dwi
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:31
Last Modified: 14 Feb 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item