Peningkatan hasil belajar ipa materi sumber energi dan kegunaannya melalui metode pair check pada siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niam, Hilmi Miftahun (2019) Peningkatan hasil belajar ipa materi sumber energi dan kegunaannya melalui metode pair check pada siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilmi Miftahun Ni'amD97214106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya Keterampilan berhitung siswa mata pelajaran IPA di MINNU Waru II Sidoarjo. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keterampilan berhitung. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan menggunakan penerapan metode pair check dalam pelaksanaan Pembelajaran IPA.Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan metode pair check mata pelajaran IPA materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas IV di MINU Waru II Sidoarjo . 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas IV di MINU Waru II Sidoarjo dengan menggunakan metode pair check.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Kurt Lewin yang tiap siklus terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis dan doumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran pair check berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 95,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22. Sedangkan nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 93,05 menjadi 95,83 pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan berhitung juga dapat dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh persentasi keberhasilan kelas 28% dan rata-rata 65,2. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase keberhasilan kelas 84% dan nilai rata-rata 95,83, dan telah memenuhi indikator kinerja yang di tetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niam, Hilmi Miftahunhilmikhimpo@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar, metode pembelajaran pair check.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Niam Hilmi Miftahun
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:35
Last Modified: 18 Feb 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30202

Actions (login required)

View Item View Item