Konseling behavioral berbasis kitab ta'lim al-muta'allim untuk meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2, Prapen Surabay, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaeni, Isnaeni (2019) Konseling behavioral berbasis kitab ta'lim al-muta'allim untuk meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2, Prapen Surabay, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaeni_B53215048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana Proses Konseling Behavioral Berbasis Kitab Ta’lim al-Muta’allim untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2, Prapen Surabaya, Jawa Timur?, 2) Bagaimana Hasil Proses Konseling Behavioral Berbasis Kitab Ta’lim al-Muta’allim untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2, Prapen Surabaya, Jawa Timur?Metode penelitian ini adalah, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian case study (stadi kasus) dengan analisis deskriptif komparatif, yang mana peneliti membandingkan proses konseling sebelum dan sesudah proses konseling melalui konseling behavioral berbasis kitab ta’lim al-muta’allim untuk meningkatkan motivasi belajar santri. Peneliti melakukan wawancara, mengamati dan mempelajari secara terperinci, mendalam dan menyeluruh terhadap rendahnya motivasi belajar santri di pondok pesantren tafsir hadis Shohihuddin 2. Adapun untuk mengetahui hasilnya akhir dari proses konseling behavioral berbasis kitab ta’lim al-muta’allim untuk meningkatkan motivasi belajar santri, mengamati perubahan perilaku konseli dengan membandingkan sebelum dan pasca pelaksanaan konseling.Hasil penelitian menyatakan bahwa proses konseling behavioral berbasis kitab ta’lim al-muta’allim untuk meningkatkan motivasi belajar santri dengan menggunakan beberapa teknik dari konseling behavioral berbasis kitab ta’lim al-muta’allim, yaitu teknik desensitas sistematik, latihan asertif, pengondisian operan, terapi aversi serta aspek-aspek dalam kitab ta’lim al-muta’allim, yaitu menerangkan hakekat ilmu, hukum mencari ilmu dan keutamaannya, cara memilih ilmu, guru, teman, dan ketekunan, cara menghormati ilmu dan guru, kesungguhan dalam mencari ilmu, istiqomah dan cita-cita yang luhur.Beberapa treatment yang telah dilakukan dalam proses konseling, bertujuan untuk mengubah tingkah laku konseli agar meningkatkan motivasi belajarnya, yakni lebih tekun, ulet, optimis, mandiri, ingin mencari tahu, dan minat. Proses konseling yang dilakukan konselor cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari wawancara terhadap konseli pasca konseling, observasi mengenai keseharian konseli pasca konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaeni, Isnaeniisnaeni96d03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Behavioral, Kitab Ta'lim al-Muta'allim, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Isnaeni Isnaeni
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:19
Last Modified: 15 Feb 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30215

Actions (login required)

View Item View Item