Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Dasar Warna Melalui Media Finger Painting Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sekardangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Nur Kholifa Rokhma (2019) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Dasar Warna Melalui Media Finger Painting Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sekardangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Nur Kholifa_D98214047.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peerapan media finger painting dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep dasar warna dengan menggunkan media finger painting, yang dimana kegiatan mengenal konsep dasar warna sebelumnya tidak meggunakan media atau hanya menyebut berbagai warna disekitar lingkungan sekolah yang dinilai kurang efisien dan monoton. Kegiatan mengenal konsep dasar warna menggunakan media finger painting dapat memberikan kesan terhadap anak-anak karena mereka dapat berinteraksi secara langsung menggambar dengan menggunakan jari-jarinya, namun kegiatan tersebut jarang dilakukan karena banyaknya bahan media yang digunakan sehingga kegiatan mengenal konsep dasar warna terlihat sangat kurang menarik untuk anak-anak, seperti media yang digunakan hanya seadanya dan hanya dengan kegiatan mewarnai dan tanya jawab, sehingga anak-anak mudah bosan karena media yang digunakan masih sama dalam kegiatan mengenal warna dasar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian ini adalah metode dengan menggunakan model dari Kurt Lewin.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan mengenal konsep dasar warna melalui media finger painting di TK Dharma Wanita Sekardangan Sidoarjo mendapatkan hasil yang memuaskan. Perolehan skor aktivitas guru pada siklus I adalah 78,57 (Baik) kemudian meningkat menjadi 90 (Sangat Baik) pada siklus II. skor aktivitas siswa yang pada siklus I mendapat skor 78,57 (Baik) kemudian meningkat menjadi 89,28 (Baik) pada siklus II. 2) kemampuan mengenal konsep dasar warna melalui media finger painting di TK Dharma Wanita Sekardangan Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I yaitu 59,30 (kurang) kemudian meningkat menjadi 77,23 pada siklus II. Presentaase ketuntasan di siklus I yaitu 19,23% kemudian meningkat menjadi 92,3%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mengenal konsep dasar warna menggunakan media finger painting mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 19,23 % ke siklus II menjadi 92,3 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Nur Kholifa Rokhmaalifnur.kholifarahma@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Potensi
Anak > Kepribadian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rokhma Alif nur Kholifa
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:13
Last Modified: 14 Feb 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item View Item