Ritual tasyakuran Sumur Beringin pada masyarakat Desa Sidodowo Dusun Bringin Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan perspektif akidah Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abida, Ismi Ummu Hanna (2019) Ritual tasyakuran Sumur Beringin pada masyarakat Desa Sidodowo Dusun Bringin Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan perspektif akidah Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Ummu Hanna Abida_E91214054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yaitu: 1.) Bagaimana pandangan masyarakat Desa Sidodowo Kabupaten Lamongan mengenai ritual tasyakuran Sumur Beringin? 2.) Bagaimana ritual tasyakuran Sumur Beringin pada masyarakat Desa Sidodowo Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan ditinjau dari perspektif akidah Islam?, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan akidah Islam sudah menjadi kepercayaan masyarakat sekitar, sehingga ritual tersebut dilakukan sampai saat ini. Ritual tasyakuran Sumur Beringin dalam agama Islam boleh saja dilakukan, karena ritual tasyakuran ini tidak melanggar ajaran agama Islam. Tata cara ritual tasyakuran ini, yakni tahlil dan doa bersama, sedangkan makanan yang dibawa dimakan bersama. Dalam agama Islam diperbolehkan melakukan ritual tasyakuran asal tata cara ritual tidak menjadikan masyarakat musyrik. Kesimpulan dari uraian di atas bahwa keyakinan yang masyarakat lakukan bersumber dari warisan nenek moyang yang mereka yakini sebagai warisan yang harusnya dilestarikan. Dan juga masyarakat Desa Sidodowo Dusun Bringin ingin menghargai jasa Mbah Torowongso sebagai penemu sumber mata air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abida, Ismi Ummu Hannaismiabida111@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Adat
Keywords: Akidah Islam; Sumur Bringin; keyakinan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Abida Ismi Ummu Hanna
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:25
Last Modified: 15 Feb 2019 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30258

Actions (login required)

View Item View Item