Perancangan pusat seni di Bangli dengan pendekatan filosofis Tri Hita Karana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holili, Holili (2019) Perancangan pusat seni di Bangli dengan pendekatan filosofis Tri Hita Karana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Holili_H93214024.pdf

Download (11MB)

Abstract

Bali merupakan sebuah pulau destinasi wisata yang menawarkan berbagai macam keindahan bagi para wisatawan. Daya tarik pariwisata di Pulau Bali sangatlah beragam, mulai dari pesona keindahan alam, hingga kebudayaan masyarakatnya yang masih lestari hingga sekarang. Kebudayaan yang ada di Pulau Bali sangatlah beragam, mulai dari nilai, adat istiadat, dan kesenian. Seiring dengan perkembangan zaman serta banyaknya wisatawan yang datang disertai masuknya budaya asing yang dibawa ke Pulau Bali, Pulau Bali mengalami akulturasi budaya yang beragam, hal ini dikhawatrikan dapat menggerus budaya lokal Bali.Kabupaten Bangli merupakan merupakan salah satu bagian dari provinsi Bali, yang letaknya berada ditengah-tengah Pulau Bali. Bangli juga banyak memiliki seni dan budaya yang masih dilestarikan hingga sekarang. Kesenian yang ada di Kabupaten Bangli terus mengalami perkembangan pesat. Keberlangsungan serta keberadaanya perlu dipertahankan dan terus dikembangkan. Seni dan budaya yang senantiasa dilestarikan diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan selain keindahan alam serta tradisi budaya lain yang ada di Bangli.Perancangan Pusat Seni di Bangli adalah sebuah upaya dalam melestarikan, menjaga, serta mengembangkan kesenian dan kebudayaan Bali di Bangli pada khususnya. Pusat Seni di Bangli dirancang sepenuhnya menggunakan konsep nilai-nilai kearifan lokal tradisional Bali yang bersumber dari Filosofi Tri Hita Karana sebagai pedoman dasar hidup masyarakat Bali, dalam wujud hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, serta hubungan manusia dengan alam, hal ini guna menguatkan karakter karya rancangan arsitektur tradisional Bali. Karya rancang yang dihasilkan diharapkan mampu mewadahi segala aktifitas berkesenian di kabupaten Bangli, serta menjadi daya tarik bagi generasi penerus untuk terus senantiasa belajar serta melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holili, Holiliholili758@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Kebudayaan; Pusat Seni; Tri Hita Karana; Arsitektur Tradisional Bali
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Holili Holili
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:37
Last Modified: 15 Feb 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item