Pengembangan instrumen penilaian ulangan harian menggunakan wondershare quiz creator pada materi statistika kelas XII SMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Mega Arinil (2019) Pengembangan instrumen penilaian ulangan harian menggunakan wondershare quiz creator pada materi statistika kelas XII SMA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Arinil Haq_D94214080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penilaian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan belajar. Dalam Penelitian ini dikembangkan instrumen penilaian berbasis web (website) menggunakan wondershare quiz creator. Instrumen yang dikembangkan berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan isian singkat (short essay) pada materi statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan keefektifan instrumen penilaian ulangan harian menggunakan wondershare quiz creator pada materi statistika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian yang dikembangkan diperoleh dari lembar validasi, angket dan tes berbasis web (website). Data lembar validasi yang diperoleh kemudian dianilisis menggunakan rumus Rata-rata Tiap Validator (RTV). Data angket dianalisis menggunakan persentase responden secara keseluruhan. Data tes berbasis web (website) dianalisis menggunakan KR-20. Dari analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Instrumen yang dikembangkan berkategori valid dengan nilai rata-rata validasi ahli media 4,13 dan rata-rata validasi ahli materi 4,19; 2) Instrumen yang dikembangkan reliabel dengan koofisien reliabilitas sebesar 0,44; 3) Instrumen yang dikembangkan efektif, karena memenuhi kriteria a) Ketuntasan siswa secara klasikal melebihi batas Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dengan persentase 83,33%; b) Memperoleh respon positif dari siswa dengan nilai rata-rata 92%; c) Memperoleh respon positif dari guru dengan nilai rata-rata 95%; d) Memperoleh tingkat kecemasan sedang dengan nilai rata-rata 47,43%. Instrumen penilaian ulangan harian menggunakan wondershare quiz creator pada materi statistika valid, reliabel dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, Mega Arinilmegaarinilhaq96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Instrumen Penilaian; Ulangan Harian; Wondershare Quiz Creator.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Haq Mega Arinil
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:12
Last Modified: 15 Feb 2019 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30267

Actions (login required)

View Item View Item