Makanan halalan tayyiban dalam Alqur’an perspektif Al-Qurtubi dan ‘Alial-Sabuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Mia Lutfiatul (2019) Makanan halalan tayyiban dalam Alqur’an perspektif Al-Qurtubi dan ‘Alial-Sabuni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mia Lutfiatul Puspita_E73214056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tema ini dipilih oleh penulis dikarenakan adanya problematika dalam kebiasaan masyarakat seputar makanan khususnya di Indonesia. Kebiasaan masyarakat tersebut yaitu makanan sembarangan tanpa ditelusuri bagaimana makanan tersebut diolah, apakah tercampur bahan-bahan yang diharamkan atau bahan-bahan pengawet yang dikonsumsi secara jangka panjang akan berdampak buruk bagi tubuh pengonsumsi makanan tersebut. Problematika tersebut berkaitan dengan makanan halalan tayyiban, untuk menemukan subtansi yang dimaksud dari lafadz halalan tayyiban penulis menganalisa lafadz halalan tayyiban dengan menggunakan penafsiran al-Qurtubi dan ‘Ali al-Sabuni dengan pendekatan penafsiran masing-masing. Penlitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literatur-literatur dengan cara menganalisis yang terkait dengan penelitian baik dari penelitian primer maupun sekunder. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa al-Qurtubi menafsirkan halalan tayyiban dengan segala sesuatu yang dimanfaatkan dan digunakan bersenang-senang oleh manusia harus dari yang halal dan baik dengan menggunakan fungsi sunnah, munasabah, asbabu al-nuzul, dan ‘amm sebagai pendekatannya. Teori yang sama digunakan ‘Ali al-Sabuni dalam menafsirkan lafadz tersebut yaitu munasabah dan fungsi sunnah, akan tetapi redaksi al-Qurtubi lebih rinci. Teori yang digunakan oleh kedua mufasir tersebut sama-sama akurat, karena kedua mufasir sama-sama menggunakan alasan dasar yang jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Mia Lutfiatulditadita178@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Halalan Tayyiban; Makanan; al-Qurtubi; ‘Ali al-Sabuni.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Puspita Mia Lutfiatul
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:48
Last Modified: 15 Feb 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item