Peran pembiayaan perbankan syariah dalam meningkatkan potensi agrifish di Sidoarjo: studi kasus BRI Syariah KC Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Devi Oktavia Bela (2019) Peran pembiayaan perbankan syariah dalam meningkatkan potensi agrifish di Sidoarjo: studi kasus BRI Syariah KC Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Oktavia Bela Putri_G74214041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Potensi Agrifish di Sidoarjo Studi Kasus BRI Syariah KC Sidoarjo” ini merupakan penelitian yang membahas mengenai peran perbankan syariah (BRI Syariah) dalam penyaluran pembiayaan ke sektor-sektor pertanian di Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenaifaktor yang menyebabkan rendahnya kontribusi dari bank Syariah di sektor Agrifish di Sidoarjo, dan strategi bank syariah untuk meningkatkan kontribusinya ke sektor agrifish di Sidoarjo. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara informan dan dokumentasi, data-data yang telah terkumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya kontribusi pembiayaan yang diberikan oleh perbankan syariah beragam. Tapi yang menjadi permasalahan utamanya adalah karena resiko yang akan dihadapi oleh pihak perbankan ketika jatuh tempo pembayaran mengingat usaha di sektor agrifish yang sangat mengandalkan kondisi alam. Kemudian untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan tersebut diperlukannya strategi-strategi yang akan diterapkan di masa yang akan datang seperti dengan melakukan penyuluhan ke wilayah pelaku usaha agrifish, dan membuka lebih banyak kantor perwakilan di sekitar wilayah pelaku usaha agrifish. Hasil akhir penelitian ini mengungkapkan saran agar pihak perbankan syariah lebih meningkatkan penyaluran pembiayaan serta sosialisasi pendampingan yang akan meminimalisir resiko lapangan yang terjadi dan mengurangi faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam penyaluran pembiayaan tersebut. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat memperoleh data lebih akurat dan terbaru dari pihak perbankan yang diteliti serta lebih memahami bagaimana menganalisis strategi yang sesuai untuk digunakan dalam penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Devi Oktavia Beladevioktavia.bp@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Keywords: Pembiayaan; Agrifish
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Devi Oktavia Bela
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:23
Last Modified: 15 Feb 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30310

Actions (login required)

View Item View Item