Pola asuh orang tua dalam pembentukan moral anak: studi kasus di SDI Terpadu Darul Falah dan MI Perguruan Mu'allimat Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidhoh, Nur Badriatul (2019) Pola asuh orang tua dalam pembentukan moral anak: studi kasus di SDI Terpadu Darul Falah dan MI Perguruan Mu'allimat Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Badriatul Hafidhoh_F12316251.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moral siswa dan pola asuh orang tua dalam pembentukan moral anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana moral siswa di SDI Terpadu Darul Falah dan MI Perguruan Mu’allimat Jombang. 2) Bagaimana pola asuh orang tua dalam pembentukan moral anak di SDI Terpadu Darul Falah dan MI Perguruan Muallimat Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklarifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pola asuh orang tua dalam pembentukan moral anak di SDI Terpadu Darul Falah dan MI Perguruan Mu’allimat adalah: 1) Pertama, Kaitannya dengan moral pada siswa pada kedua lembaga tersebut, dalam hal ini peneliti mengambil sampel moral berupa relegius, kejujuran, tanggung jawab, kepedulian dan toleransi. Moral relegius dan kejujuran siswa SDI Terpadu Darul Falah baik, moral tanggung jawab, toleransi dan kepedulian siswa SDI Terpadu Darul Falah masih perlu ditingkatkan lagi. Sedangkan moral tanggung jawab, kepedulian dan kejujuran siswa MI Perguruan Mu’allimat baik, akan tetapi moral relegius dan toleransi siswa di MI Perguruan Mu’allimat masih perlu ditingkatkan. Perbedaan yang terlihat adalah pada siswa-siswa SDI Terpadu Darul Falah yang berdomisili di pondok pesantren, hal ini dikarenakan tugas pengasuhan orang tua yang telah digantikan oleh pengasuh dan para pengurus yang tidak dapat mengawasi anak selama 24 jam, sehingga moral peserta didik rendah.. 2) Kedua, pola asuh pada SDI Terpadu Darul Falah adalah otoriter, demokratis semi otoriter dan otoritatif. Sedangkan pola asuh di MI Perguruan Mu’allimat adalah otoritatif, demokratis semi otoriter dan permisif. Akan tetapi tujuan orang tua sama yaitu ingin menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shaleh dan berguna bagi agama, nusa dan bangsanya. Pola asuh orang tua yang baik dalam pembentukan moral anak adalah lebih cenderung kepada pola peneladanan. Karena tanpa adanya keteladanan dari orang tua anak tidak dapat memahami moral yang baik yang berlaku di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidhoh, Nur Badriatulbadr.khafidzoh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Pola asuh orang tua; pembentukan moral
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafidhoh Nur Badriatul
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:35
Last Modified: 15 Apr 2019 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30328

Actions (login required)

View Item View Item