Peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku melalui model kooperatif tipe gallery walk pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosya, Roffa Nurur (2019) Peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku melalui model kooperatif tipe gallery walk pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roffa Nurur rosya_D97215106 (Berwatermark).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya pada pembelajaran tematik subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang masih beradaptasi dengan pembelajaran tematik yang ada pada kurikulum baru dan belum pernah dipelajari sebelumnya. Selain itu, proses pembelajaran yang kurang bervariatif mengakibatkan siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model kooperatif tipe gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran Tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku setelah diterapkannya model kooperatif tipe gallery walk di kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kooperatif tipe gallery walk pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Kategori tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan nilai 80,76 (baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 95,19 (sangat baik) pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai 77,88 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 90,38 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari prosentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 31,8% (tidak baik) siswa tuntas, kemudian meningkat menjadi 45,4% (tidak baik) pada siklus I dan 86,4% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosya, Roffa Nururroffanr@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosya Roffa Nurur
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:27
Last Modified: 15 Feb 2019 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30339

Actions (login required)

View Item View Item