Identifikasi lubang konstruksi siswa dalam memecahkan masalah matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Dwi (2019) Identifikasi lubang konstruksi siswa dalam memecahkan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Khasanah_D74213059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mengonstruksi konsep matematika masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam mengonstruksi konsep matematika. Struktur berpikir siswa yang terbentuk dalam proses konstruksi tidak utuh. Proses pembentukan konsep tidak sempurna, dalam pembentukan konsep ada bagian dari konsep yang tidak terkonstruksi. Dalam hal ini ada “lubang” dalam struktur berpikir sebagai hasil konstruksi konsep yang selanjutnya disebut lubang konstruksi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi lubang konstruksi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 MAN 1 Mojokerto tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang mengalami lubang konstruksi dalam memecahkan masalah matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan wawancara untuk mengetahui penyebab lubang konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemecahan masalah matematika masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam konstruksi konsep. Siswa dapat memecahkan soal yang ada dengan benar, namun proses konstruksi yang ada dalam pikiran siswa ada yang tidak sesuai atau siswa mengalami kesalahan dalam mengkonstruksi konsep yang mengakibatkan konsep tidak terkonstruk secara utuh. Hal tersebut mengindikasikan bahwa adanya “lubang” dalam struktur berpikirnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Dwidwieekhasanah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kesalahan konstruksi konsep matematika; lubang konstruksi; pemecahan masalah; SPLTV
Depositing User: Khasanah Dwi
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:48
Last Modified: 15 Feb 2019 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30346

Actions (login required)

View Item View Item