Evaluasi kualitas udara karbon monoksida (co) akibat lalu lintas kendaraan bermotor di kampus I UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjarsari, Ikhfany (2019) Evaluasi kualitas udara karbon monoksida (co) akibat lalu lintas kendaraan bermotor di kampus I UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikhfany Anjarsari_H95214025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut Damara dkk. (2017), gas CO yang masuk ke udara 75 % berasal dari sektor transportasi. Konsentrasi CO dipengaruhi oleh faktor antropologi (transportasi) dan meteorologi (temperatur udara). Peneltitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Bertujuan untuk mengetahui kualitas udara ambien ditinjau dari parameter CO, hubungan antara jumlah kendaraan bermotor dan konsentrasi CO, dan hubungan antara temperatur udara dan konsentrasi CO di udara ambien kampus I UIN Sunan Ampel. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan alat CO analyzer dan survei kendaraan bermotor secara manual. Sampling dilakukan di hari kerja dan hari libur di jam-jam puncak. Rata-rata konsentrasi CO di udara ambien kampus I UIN Sunan Ampel tertinggi pada hari Selasa dengan nilai saat pagi, siang, dan sore berturut-turut adalah 21.301 µg/Nm3, 10.536 µg/Nm3, dan 10.536 µg/Nm3. Rata-rata jumlah kendaraan bermotor saat pagi, siang, dan sore sebesar 1.155 unit/ hari, 1.017 unit/ hari, dan 1.104 unit/ hari. Rata-rata temperatur udara tertinggi saat pagi, siang, dan sore berturut-turut sebesar 34 ºC, 36 ºC, dan 35 ºC. Gerbang masuk dan depan gedung FTK adalah lokasi dengan konsentrasi CO yang melebihi baku mutu udara nasional dalam PP No. 41 Tahun 1999 yaitu. Hasil analisis korelasi Pearson antara temperatur udara dengan konsentrasi CO menghasilkan nilai α = 0,976. Sehinga tidak ada hubungan antara temperatur udara dengan konsentrasi CO di udara ambien. Hasil analisis korelasi Pearson antara lalu lintas kendaraan bermotor dengan konsentrasi CO menghasilkan nilai α = 0,000. Sehingga ada hubungan antara lalu lintas kendaraan bermotor dengan konsentrasi CO di udara ambien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjarsari, Ikhfanyaikhfany@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Lalu Lintas
Teknik Lingkungan
Keywords: Temperatur Udara; Karbon Monoksida (CO); Korelasi; Kendaraan Bermotor
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Anjarsari Ikhfany
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:47
Last Modified: 18 Feb 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30351

Actions (login required)

View Item View Item