Corak Ilmi tafsir al-Maraghi karya Syekh Ahmad Mustafa Al-Maraghi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husniati, Murdi' (2019) Corak Ilmi tafsir al-Maraghi karya Syekh Ahmad Mustafa Al-Maraghi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Murdi' Husniati_E93215081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alquran adalah firman Allah yang turun kepada manusia sebagai pedoman hidup, namun tidak semua orang bisa memahami Alquran dengan mudah, oleh sebab itu, muncullah para mufassir (ahli tafsir) yang mencoba mempermudah cara kita untuk memahami Alquran. Akan tetapi masing-masing (mufassir) tidak bisa terlepas secara bebas dari latar belakang dirinya dalam menafsiri Alquran, sebagian dari mereka memiliki kecenderungan tersendiri yang berbeda antara satu mufassir dengan mufassir yang lain, sehingga muncullah corak tafsir yang sesuai dengan kecenderungan tiap-tiap mufassir. Diantaranya yaitu corak Ilmi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang corak ilmi dalam Tafsir al-Maraghi karya Syekh Ahamad Must{hafa al-Maraghi dan akan dibuktikan dengan beberapa ayat kauniyah yang mana al-Maraghi menafsirkan dengan sangat ilmi. Penelitian ini merupakan penelitin library research dengan model penelitian kualitatif. Adapun kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian tentang corak ilmi. Sumber data yang di dapat dengan data primer dan data sekunder, data yang diperoleh yaitu dengan cara dokumentasi. Sedangkan alat analisis menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian dari penulisan, corak ilmi Tafsir al-Maraghi karya Syekh Ahamad Must{hafa al-Maraghi dijelaskan bahwasanya penulis menemukan corak ilmi dalam Tafsir al-Maraghi, padahal yang diketahui selama ini corak penafsiran dari Tafsir al-Maraghi adalah corak adabi ijtima’i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husniati, Murdi'murdihusniati47@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Corak Ilmi; al-Maraghi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Husniati Murdi'
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:41
Last Modified: 15 Feb 2019 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30354

Actions (login required)

View Item View Item